Cerpen Santri Zelenial Inspiratif, Cara Cepat Naik Pangkat II

oleh -
Cerpen Santri Zelenial Inspiratif, Cara Cepat Naik Pangkat II
Gambar: Ilustrasi

Benarkah naik pangkat itu mudah?

Bahkan lebih gampang dari naik pohon kelapa. Kenapa? karena semua orang berani naik pangkat tapi tidak semua orang berani naik pohon kelapa. Saya contohnya. Sampai sekarang belum sekalipun memanjat pohon kelapa. Kalau memanjat yang lain sering. he

Bagaimana bisa orang naik pankat segera padahal temannya susahnya luar biasa. Coba perhatikan hirarki dalam TNI atau Polri. Seorang tamtama harus menunggu tahunan menjadi bintara.

Dia harus mengumpulkan poin per poin yang diakumulasikan dari kinerja dan pengabdian kepada satuan. 

Tapi tanpa harus menunggu lama ada sekelompok Tamtama yang cepat naik ke Bintara kemudian Bintara Tinggi, Perwira Pertama, Perwira Menengah sampai Perwira Tinggi. Mengapa bisa? jawabannya karena mereka sekolah.

Seorang PNS dengan golongan II d bisa melejit dua tingkat setelah menamatkan S1. Kalau dia melanjutkan kuliah ke jenjang master maka perkiraan pada saat pensiun dia akan berada di golongan IV a. Bukan main. Golongan IV a dalam struktur pegawai negeri sudah masuk ke pembina.

Sekolah adalah jalur cepat untuk kenaikan pangkat. Siapa saja yang ingin naik kedudukannya maka dia harus sekolah. Oh, sekolah. Mungkin ada yang berseru demikian.

Kemudian ditambahkan, kalau tidak punya biaya bagaimana? Sekolah perlu biaya. Apalagi harus nerusin S2. Bisa-bisa dapur tidak ngebul gara-gara harus bayar semesteran.

Mari kita kaji inti sekolah. Orang bersekolah selain karena ijazah pasti karena ilmu. Sekolah itu nama lain dari tempat mencari ilmu. Kalau sekolah salah satu tempat mencari ilmu, berarti masih ada tempat lain yang menyajikan ilmu.

Tempat lain itu bisa kursus non-formal, seminar atau bahkan perpustakaan. Maka kalau dilevelkan dari yang mahal sampai yang murah, perpustakanan bis menjadi alternatif paling memungkinkan. Bagaiman bisa naik pangkat melalui perpustakaan? mudah sangat mudah.