9 Karakter Santri Sukses Dunia dan Akhirat

oleh -
9 Karakter Santri Sukses Dunia dan Akhirat
7. Santri yang baik hubungannya dengan Allah

Jadilah santri yang patuh kepada segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya (taqwa). Mulailah dari Sholat, perbaiki sholat yang lima waktu, jangan terbiasa shalat terburu dan biasakanlah berjamaah dan tinggalkan maksiat.

Seseorang yang sudah sholatnya mapan biasanya prilaku dan ucapannya juga mapan. Dulu di zaman Nabi ada salah seorang sahabat Rasulullah saw, masuk Islam, tapi dia memiliki kebiasaan mencuri.

Kata Rasulullah, tidak apa-apa yang penting jangan sampai tidak sholat. Karena kalau sudah sholatnya benar lama-lama kebiasaan mencurinya akan hilang.

8. Santri yang baik hubungannya dengan Rasulullah

Sebagai santri sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya, marhabanan, dibaan, shalawatan dan barzanjian, burdahan dan sebagainya. Semua itu adalah senandung untuk memuji keagungan Rasulullah saw.

Santri kalau sudah terbiasa bersholawat, timbulah rasa cinta kepada Rasulullah saw di hatinya, dimana orang semacam ini akan mudah diijabah segala keluh kesahnya di hadapan Allah swt. Karena Allah cinta kepada orang yang gemar bersholawat.

Dia akan mendapatkan kemudahan-kemudahan dari segala urusan dunia lebih-lebih kelak di padang mahsyar akan mendapatkan syafaatnya.

9. Santri yang baik hubungannya dengan Al-quran

Santri sudah tidak asing lagi dengan surat al fatihah, surat yasin, addukhan, waqiah, surat sajadah, surat al mulk, surat al buruj dan bahkan ada yang hafal 30 juz, itu sungguh luar biasa.

Santri yang rutin baca Al quran setiap sore, malam dan pagi hari itu sudah pasti memiliki keistimewaan tersendiri.

Mumpung masih sehat dan sempat rajin-rajinlah beribadah termasuk ibadah-ibadah sunnah yang lain, seperti sholat dluha, sholat malam dan lainnya. Initinya perbaiki hubungan dengan Allah dan Rasululnya melalui zikiran, sholawatan dan baca quran.

Terakhir, jadilah santri yang terus belajar hingga akhir hayatnya. Karena belajar adalah wajib hukumnya mulai dari lahir hingga akhir hayat alias meninggal (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.