Peluang Bisnis 9 dari 10 Pintu Rezeki di Era Industri 4.0

oleh -
Peluang Bisnis 9 dari 10 Pintu Rezeki di Era Industri 4.0

Peluang Bisnis 9 dari 10 Pintu Rezeki di Era Industri 4.0. Judul dari tulisan ini merupakan penggabungan dari suatu Hadits atau Ma – Qala tentang anjuran berdagang atau berbisnis dengan realita lahirnya Industri 4.0

Hadits atau Ma – Qala yang penulis maksud adalah sebagai berikut:

تِسْعَةُ أَعْشَارِ الرِزْقِ فِي التِّجَارَةِ

“Sembilan dari sepuluh rezeki ada dalam perdagangan”.

Ada lagi redaksi hadits atau ma – qala lain dimana, secara lafadz berbeda namun secara kandungan makna kurang lebih sama. Tapi mohon maaf, di sini penulis tidak akan mencantumkannya hadits-hadits tersebut.

Berdagang atau berbisnis sudah bukan peluang baru dalam sejarah manusia di dalam mencari rezeki. Dimana sebelum Rasulullah lahir pun, perdagangan dunia sudah menjadi salaha satu pintu populer dalam mengais rezeki.

Bahkan Rasulullah sendiri juga merupakan seorang bisnismen yang handal, jujur dan amanah. Konon dalam sejarahNya, Rasulullah bila melakukan transaksi dengan pembeli, selalu menerapkan transparansi harga dan kualitas barang.

Nah dari sini, tidak heran bila Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk berdagang sebagaimana yang beliau lakukan. Tentu saja dengan cara yang jujur sebagaimana yang beliau amalkan.

Baca juga: Ayat Alquran Menginspirasi Pebisnis Muda Busana Muslim dengan Omzet Miliaran Rupiah, Santri Penasaran?

Peluang Bisnis Sebagai Pintu Rezeki di Era Industri 4.0

Di zaman industri 4.0 seperti sekarang, di mana dunia global sudah ada dalam genggaman, tentu peluang bisnis yang menguntungkan juga sangat terbuka lebar dan mudah diakses.

Kalau di zaman old, orang mau pesan makanan harus keluar rumah, di zaman now tidak lagi demikian, mereka tinggal pesan dari dalam rumah mereka masing-masing.

Kalau pada zaman old orang mau berjualan harus punya toko sendiri, hari ini orang mau jualan tinggal daftar saja di tempat-tempat oline shop. Dan seterusnya..

Sebab itulah mari kita sebagai generasi milenial di zaman now juga melakukan atau membuka bisnis yang sesuai dengan kemampuan kita, tapi tetap menguntungkan.

Inilah peluang yang sangat-sangat menggiurkan. Jadi kalau kita tidak segara ambil tindakan, sangat-sangat disayangkan.

Jadi untuk mengamalkan hadits atau ma – qala, tentang anjuran berbisnis di era industri 4.0, sangatlah mudah dan peluangnya banyak sekali. Tinggal kita sebagai umatNya, mau atau tidak.

Bahkan di era milenial zaman now, banyak peluang bisnis tanpa modal. Artinya kalau kita mau, tanpa modal pun bisa berbisnis dan tentunya menguntungkan. Apa kata penulis, berbisnis itu mudah, tinggal kita mau apa tidak.

Kalau kalian tidak percaya, nih penulis beri contoh, peluang bisnis yang tak perlu modal uang hanya butuh skill atau kemampuan dan otot saja.