Pidato Hari Santri Nasional, Jumat 22 Oktober 2021

oleh -
Pidato Hari Santri Nasional, Jumat 22 Oktober 2021
Gambar: Penampilan Pidato Santri Putri Banu Hasyim Janti Waru Sidaorjo
Para Hadirin, Teman santri seperjuangan yang saya banggakan

Dalam moment peringatan hari santri 22 Oktober 2021 ini, saya mengajak kepada diri saya pribadi serta kepada para hadirin untuk terus optimis jangan pesimis, mari kita semengat jangan kasi kendor dalam menatap masa depan. Setuju?

Kalau dari jawabannya sepertinya para santri memang semangat, gak tau nanti jangan-jangan malah tidur he he he….

Jangan khawatir, kalau para hadirin masih sadar bahwa sekarang berada di tempat ini, berarti kalian masih hidup. Karena mohon maaf para hadirin, kemarin-kemarin… bukan sekarang, kemarin… banyak orang yang ketakutan karena Corona di mana-mana… betul?

Mereka khawatir takut dirinya terpapar virus yang amat sangat kecil bahkan tidak kasat mata tapi mematikan… mereka takut mati, mereka takut meninggalkan anak-anaknya yang masih kecil, betul…?

Kalau kita ingat kejadian itu, betapa kita ini tidak berdaya…. Ia kita tidak berdaya karena menghadapi virus yang tidak jelas bentuknya saja tidak bisa…

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

“Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”

Hadirin dan segenap Santri yang saya hormati

Alhamdulillah, hari ini kita masih bisa mengadakan acara peringatan Hari Santri Nasional 2021, itu artinya, Allah masih memberi kesempatan kepada kita untuk hidup di dunia ini. Mari jangan sia-siakan kesempatan hidup kita ini.

Makanya dalam soal waktu, Rasulullah shollallahu alaihi wa sallam sangat mewanti-wanti kita agar jangan menyia-nyiakan segala bentuk kesempatan.

Dalam sebuah hadist, Nabi bersabda:

اغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ: شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ، وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ، وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ، وَحَيَاتِكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Jagalah lima perkara sebelum (datang) lima perkara (lainnya). Jagalah masa mudamu sebelum masa tuamu datang, jaga sehatmu sebelum sakitmu datang, jaga kayamu sebelum miskinmu datang, jaga waktu luangmu sebelum sibukmu datang dan jaga kesehatan hidupmu sebelum mati menjeputmu.” (HR Nasai dan Baihaqi).

Para hadirin, segenap santri tanpan dan cantik rahimakumullah

Maka tidak salah alias benar, tagline yang ada pada Logo Hari Santri Nasional 2021 versi RMI NU itu, yaitu, “bertumbuh, berdaya dan berkarya”. Ayo apa maksudnya itu?

Artinya kalian sebagai santri memang sudah selayaknya menggunakan kesempatan hidup kalian untuk bertumbuh atau bangkit dari tidur panjang kalian.

Kalau selama ini kalian merasa takut keluar rumah karena Corona, hari ini dan ke depan mari bangkit. Jangan adalagi rasa takut. Karena takut itu hanyalah ilusi. He he he…

Ibaratnya, kalau kalian takut nembak santri putri yang kalian cintai he he he, maka jangan harap  akan tau jawabannya. Apakah do’i mau atau menolak.

Sebaiknya, tembak saja dulu, perkara ditolak mah sudah biasa. He he he. “Kata si dia; maaf kang, kita sebaiknya temanan saja”…. Hem. Nasib…

Meskipun toh si dia menolak, tak ada masalah…. yang penting sudah tau jawabannya. He he he… Cari yang lain jangan putus asa, kan masih banyak. Tuh ada yang krudung merah, kuning, hijau. He he he

Mari kita berdaya jangan gampang kecewa, jangan sampai kita merasa tidak bisa, minder. Apalagi di zaman digital yang serba canggih dan mudah seperti sekarang ini.

Gunakan kemudahan-kemudahan itu untuk menggali potensi, ambil bagian yang sesuai dengan bakat dan minat kalian. Jangan hanya kagum kepada prestasi seseorang tapi bagaimana kalian bisa seperti mereka. Gimana caranya, berjuang…, betul?

Sehingga nantinya apa pun karya kalian akan bernilai di sisi Allah apalagi di mata manusia karena proses kalian yang panjang, bukan santri kaleng-kaleng.

Hem…. beneran… para santri sudah mulai ngantuk…. he he he… bukan nuduh tapi memang kejadian…, gak apa-apa kan saya di….

Baca juga: Inilah Kandungan Tersirat dari Logo & Tagline Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021

No More Posts Available.

No more pages to load.