Semarak Hari Santri Nasional 2021, NU DIY Gelar Pemilihan Duta Santri Nasional

oleh -
Grand final Duta Santri 2018. (Dok. panitia Duta Santri)

Yogyakarta – Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Fatayat NU DIY menggelar Pemilihan Duta Santri Nasional, Santri Award, dan Festival Halal Fashion 2021.

“Tiga rangkaian acara yang diwadahi dalam acara besar Duta Santri Nasional ini diharapkan dapat menjadi rumah talenta para santri untuk tumbuh dan mengasah potensi hingga lahir role model santri yang menginspirasi,” tutur Fetra Nur Hikmah, ketua panitia ajang tersebut, Rabu (1/9).

Katanya, pemilihan Duta Santri Nasional ketiga ini demi mencetak role model santri yang bisa menjadi inspirasi santri lain.

“Potensi santri yang sudah tumbuh secara organik perlu diwadahi, diarahkan, dan dikembangkan agar nantinya bisa menjadi influencer pada bidang pengabdian masyarakat yang digeluti dengan dakwah Islam yang ramah, toleran, moderat, berkeadilan, dan demokratis,” kata dia.

Apalagi saat ini di Indonesia tercatat 27.722 pondok dengan jumlah 4,17 juta santri. “Dari jutaan santri di Indonesia, siapa role model nya?” sering terdengar tetapi belum ada yang mewadahi,” katanya.

Rangkaian acara tersebut berlangsung sejak 1 Agustus 2021 sampai 5 September 2021 jelang peringatan Hari Santri pada 22 Oktober.

Adapun ajang Santri Award mengakomodasi tokoh santri agent of change di berbagai lintas isu. “Masyarakat umum bisa terlibat aktif untuk turut mengawal Hari Santri Nasional dengan menjadi perpanjangan tangan dalam mengamati siapa tokoh santri berpengaruh di lingkungannya,” katanya.

Baca juga: Sambut HSN 2021, Kemenag Akan Gelar Pameran Pesantren Virtual

Sedangkan “Festival Halal Fashion” akan menjaring potensi desainer pemula yang berkualitas dan melahirkan primadona baru dengan talenta yang tidak kalah apik dengan desainer ternama. Desainer pemula akan dibimbing mentor profesional, karya diperagakan oleh peserta “Pemilihan Duta Santri Nasional”, dan diberi panggung yang sama untuk disandingkan dengan desainer ternama.

“Ada nilai tambah tentang environmental sustainability, perspektif ramah lingkungan, dan kepastian halal dalam proses awal hingga akhir produksi busana yang menjadi benang merah dalam festival ini,” ujarnya.

“Generasi Indonesia, melalui Duta Santri Nasional akan mewarisi dan memiliki seutuhnya Islam Indonesia yang rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi semesta),” kata dia.

Jadi, menurut Fetra, pemilihan Duta Santri Nasional, Santri Award, dan Festival Halal Fashion 2021 merupakan langkah nyata menyiapkan generasi emas Indonesia 2045 sekaligus menyebarkan budaya khas nusantara agar Bangsa Indonesia tidak kehilangan jati dirinya. (New/GTR)

No More Posts Available.

No more pages to load.