11 Pengertian Santri Menurut Para Ahli

oleh -
Pengertian Santri Menurut Para Ahli
Gambar: Dokumentasi SantriNOw di Pondok Pesantren Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo

11 Pengertian Santri Menurut Para Ahli cukup berfariasi. Dari mereka ada yang mengatakan kata SANTRI berasal dari bahasa Sanskerta, bahasa Tamil, bahsa India dan singkatan dari bahasa Iggris dan Arab. Berikut 11 Pengertian Santri Menurut Para Ahli di bidang mereka masing-masing.

Baca juga: Pengertian Santri Menurut Gus Dur

Pengertian Santri Menurut Para Ahli Peneliti

Pertama: John E, seorang peneliti mengatakan, kata SANTRI merupakan serapan dari bahasa Tamil, yang berarti guru mengaji atau guru ngaji.

Ada yang berpendapat kata santri berasal dari kata CANTRIK, yang berarti seorang murid yang kemanapun gurunya pergi dan menetap dia selalu ikut.

Kedua: Kata santri menurut pendapat Nurcholish Majid berasal dari kata SASTRI, dimana kata sastri sendiri berasal dari bahasa sanskerta. Sastri dalam bahasa sanskerta artinya bisa baca tulis atau melek huruf.

Dan menurut Nurcholish Majid pula, bahwa pendapat yang mengatakan santri itu orang yang bisa baca tulis, cocok atau pas untuk kaum santri yaitu kelas orang-orang yang mendalami ilmu agama islam melalui teks-teks arab atau kitab kuning.

Ketiga: Pengertian Santri menurut Zamakhsyari Dhofier berasal dari bahasa India yiatu orang-orang yang paham tentang isi kitab-kitab suci agama Hindu.

Keempat: Pengertian Santri menurut para ahli peniliti selanjutnya yaitu Geertz. Ia memberi definisi bahwa SANTRI berasal dari kata SHASTRI yaitu bahasa Sanskerta yang berarti orang yang paham tentang banyak kitab Hindu. Menurutnya di era modern, kata SANTRI memiliki dua makna yaitu makna secara luas dan makna santri secara sempit.

Pengertian Santri secara luas yaitu penduduk Jawa yang beragama Islam taat. Sementara Pengertian Santri dalam arti sempit adalah pemuda yang menimba ilmu di lembaga Pondok Pesantren.