Cara Ampuh Agar Sholatmu Khusyuk

oleh -
Cara Ampuh Agar Sholatmu Khusyuk
Gambar: Ilustrasi

Sholat khusyuk merupakan media bagi seorang hamba Allah untuk menemui tuhannya yang paling akurat, hususnya pada saat sujud. Karena inti sholat itu adalah sujud. Namun tak sedikit orang yang tidak mampu melaksanakan sholat secara khusyuk. Perlu digaris bawahi, sholat khusyuk bukan berarti melupakan segala-galanya. Artinya kita sadar tentang apa yang kita kerjakan atau yang kita baca serta sadar jumlah rokaat dan seterusnya.

Cara jitu agar sholat khusyuk

Pertama-tama cobalah fokus kepada apa yang kita lakukan. Kemudian yang kedua, berikan perlawanan sekuat mungkin atas seruan-seruan yang muncul dalam pikiran. Ketika pikiranmu hanyut dalam memikirkan sesuatu katakan, “jangan mikir yang aneh-aneh dulu, kamu lagi sholat”. Terus kita melakukan perlawanan, jangan ikut arus. Karena kalau pikiran kita kebawa arus, akhirnya ketika sudah salam, antara hati dan ucapan tidak selaras.

Sebagaimana diterangkan dalam kitab Roaitullah Hal:  210, yang artian umumnya kira-kira begini:

“Karena ketika kamu sudah takbirotul ihrom, segala sesuatu akan memanggil-manggil kamu, mulai dari masa lalumu dan lain sebagainya. Makanya, jangan kau dengarkan dengan hatimu apa pun yang memanggil-manggil kamu itu. Karena bila engkau dengarkan, itu sama halnya dengan meresponnya.”

Memang sulit untuk tidak merespon akan segala yang muncul dalam pikiran kita, makanya lawan saja terus hingga sholat kita selesai. Kita tidak usah ingin sholat khusyuk seperti Sayyidina Ali RA, dimana saking khusyuknya, panah yang menancap di punggungnya dicabut tidak terasa. Buat kita, digigit nyamuk tidak terasa saat lagi sholat, sudah luar biasa.

Kesimpulan:

Agar sholat khusyuk maka usahakan fokus dan terus melakukan perlawanan atas bayangan-bayangan yang muncul dalam pikiran. Ingat, jangan pernah merespon, lawan terus jangan kasih kendor (*)