Bait-Bait Bucin dalam Nadzam Alfiyah, Bikin Santri Putri Baper

oleh -
Alfiyah Khusus BUCIN

Bait-bait cinta yang penuh makna dalam nadzom kitab Alfiyah Ibnu Malik memang sungguh luar biasa. Nadzom Alfiyah yang sudah tidak asing di telinga para santri salaf maupun santri milenial ini, tidak hanya menyajikan ilmu terkait gramatika arab semata melainkan juga penuh dengan pesan moral, salah satunya tentang kehidupan percintaan.

Jadi ini cocok sekali bagi kaula muda , khususnya para santri putra maupun putri yang sedang dimabuk asmara atau sekedar untuk menghibur diri karena lamanya hidup sebatangkara. Hem..

Tampa bertele-tele mari langsung saja baca kata-kata mutiara tentang percintaan yang tersaji dalam kitab Alfiyah Ibnu Malik tersebut:

Nadzom Alfiyah Tentang Percintaan

وَأَلِفًا زِدْ قَبْلَهَا مُؤَكِّدا # فِعْلًا إِلَى نُوْنِ الإِنَاثِ أُسْنِدا

Bila engkau mencintai seorang perempuan, sebelum mengutarakan isi hatimu, tumbuhkanlah rasa penasaran pada perempuan tersebut dengan prilaku yang terpuji.

وسَكِّنْ التالي غيرَ الفتحِ أوْ # خفِّفْهُ بالفتح فكُلًّا قد رَوَوْا

Wanita itu ibaratnya pohon yang bengkok maka ajaklah ia untuk hidup dalam ketentraman dengan cara meluruskan segala prilaku yang salah dan selalu memaafkan segala kesalahan serta menuntunnya ke jalan yang benar.

وألف التأنيث ذو القصر متى# زاد على أربعة لن يثبتا

Akal wanita pikirannya itu sangatlah sempit 1% dibanding dengan akal pikiran pria yang 99%. Ibaratnya seluas laki-laki yang boleh memiliki istri empat. Wanita hanya boleh memiliki suami satu.

والفتحُ نزرٌ وصِلِ التا والألفْ # بِمَنْ بإثرِ ذا بنسوةٍ كَلِفْ

Sedikit sekali orang yang terbuka hatinya untuk mendalami ilmu agama dan umum, sementara hatinya selalu tertuju pada cowok atau cewek (pacaran) kecuali hanya sebagian kecil yang diperoleh

وَمَا نُبَالِى اِذَا مَا كُنْتِ جَارَتَنَا # اَنْ لَا يُجَاوِرَنَا اِلَّاكِ دَيَّارُ

Aku tidak peduli selama engkau mendampingiku, biarpun tiada satu rumah yang menjadi tetanggaku kecuali engkau.