Cerpen Santri, “Pertanyaan Musyqil Santriwati untuk Gus Fariz”

oleh -
Cerpen Santri, "Pertanyaan Musyqil Santriwati untuk Gus Fariz"

Hard a question

        Syaqilla terkejut mendengar pernyataan yang dilontarkan oleh sang suster. Sosok laki-laki muda? Perempuan itu bahkan tidak pernah punya kenalan sosok laki-laki muda.

       “Siapa namanya sus?”, tanya Syaqilla masih dengan tampang  penasaran.

       “Bentar ya kak… saya carikan dulu administrasinya”, balas suster itu sembari mencari lembaran-lembaran kertas. Syaqilla masih setia menunggu sang suster yang tengah sibuk mencarikan nama seseorang yang membayar biaya perawatan ayahnya.

       “Ini kak namannya.. Muhammad Azka Alfarizi”, Sontak Syaqilla membelalakan matanya lebar setelah mendengar nama laki-laki muda yang berstatus sebagai gus-nya. (Gus adalah sebutan untuk anak seorang Kyai di Jawa).

       “Ha??, apa laki-laki itu masih ada di sini sus?”, tanya Syaqilla yang dibalas anggukan oleh sang suster. Perempuan itu bergegas keluar dari ruangan sang ayah demi menemui gusnya . Ia menyapu pandangan sekitarnya dan menemukan sosok yang tengah ia cari. Syaqilla pun menghampiri laki-laki yang tengah duduk di kursi sebrang sana.

            “Assalamualaikum..permisi..”, ucap Syaqilla santun. Fariz pun menoleh ke sumber suara itu dan membalas salam Syaqilla.

            “Waalaikumsalam..iya ada apa?”, tanya Fariz datar.

            “Apa benar.. anda yang menolong ayah saya?”, Fariz mengerutkan keningnya dengan ucapan perempuan di depannya itu.

           “Memang kamu siapanya bapak itu?”

           “Saya anaknya.. terima kasih sudah mau melunasi biaya perawatan ayah saya..”, ujar Syaqilla yang masih setia menundukkan kepalannya di hadapan Fariz. Lelaki itu membuka matanya lebar  seakan tak percaya dengan apa yang diucapkan Syaqilla.

            “Tapi kenapa…anda yang harus melunasi biayannya?”, pertanyaan itu dengan mudah lolos dari mulut Syaqilla. Fariz terpaku diam—ia bingung jawaban apa yang akan diberikan pada perempuan di depannya itu.

No More Posts Available.

No more pages to load.