Santri Tidak Ngaji karena Paketan Habis Hingga Tertipu Link “Pemerintah Berikan Internet Gratis”

oleh -
Santri Tidak Ngaji karena Paketan Habis Hingga Tertipu Link “Pemerintah Berikan Internet Gratis”

Santri Milenial – Ngaji kitab via online di bulan Ramadlan menjadi pilihan utama bagi pesantren di musim pandemi Corona. Jadi, pada Ramadlan kali ini, santri mengikuti kajian kitab dari rumahnya masing-masing melalui gadget mereka.

Memang bagi sebagian santri yang sudah memiliki gadget tidak ada masalah namun bagi sebagian yang lain justru ngaji online adalah masalah karena tidak akan bisa mengikuti. Walaupun ada milik orang tuanya tapi tidak dapat digunakan untuk online.

Banyak pengalaman baru dari para santri yang sudah mengikuti kajian kitab via online. Ada yang benar-benar tekun mengikuti setiap jadwal yang sudah diedarkan pihak pesantren tapi ada juga yang kadang mengikuti kadang tidak, alasannya karena tidak punya paketan internet.

Di sini pihak pesantren tidak dapat berbuat banyak ketika dari beberapa santrinya tidak ngaji karena kehabisan paketan internet. Ya maklum, pihak pesantren tidak dapat memberikan paketan internet kepada seluruh santrinya yang jumlahnya ribuan itu.

Sehingga tak ayal, dengan masih banyaknya santri yang kurang pengalaman dengan dunia maya yang sarat dengan berita hoax, dapat kiriman via Whatsapp bahwa, “Pemerintah Berikan Internet Gratis”, yang ternyata hoak. (*)

Penulis: Imron