Wabah Virus Korona, Santri Jangan Songong dan Jangan Panik, Praktikkan Saja Doa Berikut Ini

oleh -
Wabah Virus Korona, Santri Jangan Songong dan Jangan Panik, Praktikkan Saja Doa Berikut Ini

Santri Milenial – Santri jangan songong dan juga tidak boleh panik, tenang sajalah dalam menghadapi virus Korona ini. Hal ini penting penulis utarakan supaya kita tetap waspada dan juga tidak merasa takut yang berlebihan. Bagaimana pun yang namanya kematian itu sudah tertulis dan tidak perlu menunggu virus Korona yang sudah banyak sekali menelan nyawa manusia.

Selanjutnya, bagaimana agar kita dihindarkan oleh Allah dari virus mematikan ini? Tentu saja berdoa. Ia kita harus selalu berikhtiar dengan cara berdoa.

Disini penulis akan menguraikan 3 (tiga) model doa, pertama dengan fisik luar dalam, kemudian psikis, dan yang terakhir dengan mulut dan hati. Karena kerena ketiga-tiganya ini saling berkaitan. Mari terus baca tulisan ini hingga tuntas.  

Berikut model doa fisik yang sudah umum dilakukan orang baik di Indonesia maupun di dunia:

1. Doa yang paling mustajabah untuk menangkal virus Korona adalah berdiam diri di rumah jaga keluarga.

Menurut dokter, puncak penularan virus Korona diperkirakan berada di bulan April ini. Jadi, mari saling berdoa yaitu jangan ke mana-mana dulu, di rumah saja. Bagaimana siap berdoa bersama-sama di rumah masing-masing?

2. Doa yang kedua adalah menjaga jarak saat berintraksi dengan orang lain meskipun dengan keluarga kita sendiri lebih-lebih dengan orang yang sudah lanjut usia. Bahkan di sebagian Negara melarang warganya terutama anak mudah untuk berkumpul dengan orang yang sudah tua.  

Artinya kalau kita terpaksa harus berintraksi dengan orang lain wajib jaga jarak, kira-kira 1 meter lebih. Ini dilakukan agar kita terhindar dari penularan di saat orang lain bersin atau batuk. Kita sudah paham bahwa penularan virus ini sangat cepat.   

3. Doa yang ketiga yang juga tak kalah penting adalah pakai masker dan sering-seringlah cuci muka, hidung dan tangan. Nah ini bisa kita lakukan dengan cara sering-sering berwudluk.  

4. Menjaga ketahanan tubuh. Maka disini pentingnya kita minum vitamin dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dokter menganjurkan kita mengkonsumsi jambu merah, daun kelor dan juga jeruk.  Jangan lupa istirahat yang cukup yaitu 8 jam dalam sehari –semalam.

Doa dengan Psikis

Menurut ilmu psikologi dan kesehatan, orang yang sedang mengalami rasa takut yang amat sangat alias panik, di saat yang sama imun tubuhnya akan turun atau droup. Intinya kita wajib bahagia yaitu dengan cara senantiasa bersyukur atas segala apa pun yang terjadi kepada kita hari ini.

Jangan ada rasa dendam, dengki, hasut, sombong dalam hati kita. Karena bagaimana pun itu semua adalah virus Korona yang sesungguhanya namun jarang kita sadari. Maka mulai hari ini kita lepaskan Korona hati itu, insyaallah kita bahagia dan bebas dari virus Korona fisik yang hari ini membuat panic dunia.

Doa dengan Mulut dan Hati

Dao yang terakhir ini sudah banyak beredar di media social dan juga watsapp, silahkan amalkan yang sudah pembaca miliki sesuai tuntunan dengan penuh rasa harap dan yakin.

Berikut beberapa ijazah ala Ulama NU yang kami rekomendasikan: