di ,

Peringatan Hari Santri Nasional 2019, Akan Menggetarkan Mesir

Peringatan Hari Santri Nasional 2019, Akan Menggetarkan Mesir

Kairo – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2019 tidak hanya akan meriah di dalam negeri melainkan hingga Mesir. Hal itu dibuktikan dengan seriusnya Mahasiswa Indonesia yang sekarang sedang kuliah di Mesir sedang persiapan untuk menggelar beberapa acara dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri 2019.

Untuk memeriahkan peringatan Hari Santri 2019, panitia menyusun pra-acara gabungan yang melibatkan seluruh panitian lintas afilaitif tersebut. Salah satu lomba yang diadakan adalah kompetisi di bidang seni, olahraga dan keilmuan, serta kegiatan bakti sosial. Pada 22 Oktober, kegiatan hanya akan diisi dengan apel santri.

Adapun sejumlah kegiatan yang sudah dipersiapkan panitia pada puncak perayaan Hari Santri 2019 yang jadwalnya akan jatuh pada 29 Oktober, salah satunya adalah seminar keputrian terkait kode etik mahasiswi Indonesia di Mesir, dialog kebangsaan, teater gabungan afiliatif, penampilan tiap-tiap afiliatif, stan-stan pameran karya santri Nusantara, dan pengumuman hasil lomba selama masa pra-acara.

Baca juga:

Di samping acara gabungan, masing-masing afiliatif juga memiliki agenda-agenda sendiri untuk menyambut perayaan Hari Santri 2019. PCI Muhammadiyah menggelar Seminar Pengantar Ilmu Falak pada Sabtu, 12 Oktober di Markaz Dakwah PCIM. PCINU mengadakan Bahtsul Masail Kubra (BMK) pada Rabu, 16 Oktober mendatang. PWK Nahdlatul Wathan dan PWK PII Mesir masing-masing akan mengadakan Daurah Intensif Mawarits, Wakaf dan Wasiat, dan Hardisk, semacam pojok diskusi kebahasaan.

Panitia Hari Santri 2019 Mesir dari lintas afiliatif–seperti PCINU, PPMI, PCI Muhammadiyah, PCI Persis, PwK Nahdlatul Wathan, dan PwK PII Mesir- terus mematangkan persiapan menuju acara puncak tersebut demi memeriahkan peringatan Hari Santri 2019, panitia menyusun pra-acara gabungan yang melibatkan seluruh panitian lintas afilaitif tersebut. Salah satu lomba yang diadakan adalah kompetisi di bidang seni, olahraga dan keilmuan, serta kegiatan bakti sosial. Pada 22 Oktober, kegiatan hanya akan diisi dengan apel santri.

Ketua Hari Santri 2019, Muhammad Ismail, berharap, afiliatif-afiliatif lain dapat ikut hadir dalam beberapa acara internal yang diselenggarakan oleh masing-masing afiliatif.

“Dengan peringatan ini, saya harap kita, sesama santri Al-Azhar bisa lebih saling terbuka,” kata alumni Pesantren Amanatul Ummah itu, seperti diberitakan laman numesir.net, Rabu (9/10).

Sebelumnya, Panitia Hari Santri 2019 Mesir telah melakukan audiensi dengan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin, di Wisma Duta KBRI Kairo, Garden City. Dalam kesempatan itu, Kamaruddin menyambut baik serangkaian acara yang digagas Panitia Hari Santri 2019. (Now/NU)

BAGAIMANA MENURUT KAMU?