di ,

Siapakah Kaum Milenial Taat & Bagaimana Dakwah Mereka Seharusnya?

Tentang Kaum Milenial Taat & Dakwah ala Milenial Zaman Now
Santriwati saat ikut lomba baca kitab kuning di Pesantren Putri Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo

SantriNow – Generasi milenial sebutan yang disandingkan generasi jaman now. Ciri khas mereka digital habit, hobby sport, food, fashion, sosialita dan trendy adalah generasi masa depan yang harus diberi ruang memadai. Sikap, prilaku, gaya hidup dan budaya milenial pada dasarnya terbentuk oleh lingkungan sebaya, ketika mereka berada dilingkungan baik akan positif, begitu sebaliknya. Menghadirkan situasi dan lingkungan kondusif adalah tugas kolektif untuk kebaikan semua.

Milenial taat artinya kaum muda patuh, loyal dan setia. Milenial itu orangnya setia dan loyal pada teman, walaupun secara fisik mereka belum sua, belum pernah “copy darat” mereka tetap loyal dan setia. Koneksi di ruang maya itu butuh “trust” luar biasa, walau ada kasus milenial jadi korban trust, namun saling percaya milenial lebih kuat. Disiplin, sadar tanggung jawab, dan saling percaya yang menjadi identitas orang taat itu begitu kuat pengaruhnya pada kaum milenial. Kaum milenial yang serba online ini dapat terjaga ketaatannya bila ia berkomunikasi dengan Buya now yang media darling.

Harus pula dimengerti bahwa proses pembentukan ketaatan itu mulanya dari ruang pendidikan. Kontrak pengajaran orang tua dengan guru sejatinya berkaitan dengan pembinaan akhlak, namun kini guru lebih berorentasi finansial, dalam kondisi seperti ini kaum milenial justru bisa dapat menjadi lebih didepan dalam bina akhlak diri dan sebayanya. Tersedianya bahan ajar dan media yang beragam adalah pintu kaum milenial untuk menjadi terdepan dalam bina diri dan lingkungan.

Dalam pembentukan kesadaran dan ketaatan maka generasi milenial yang saat ini sudah mendapatkan akses informasi yang sangat terbuka seharusnya menjadi ladang baginya untuk selalu berpikir cemerlang (al-fikru al-mustanir) guna menemukan pesan tauhid yang sudah tertuang dalam kitab suci al-Quran. Pesan tersebut sudah sangat jelas tatkala kemudian kita berpikir mengenai penciptaan alam semesta, manusia, dan kehidupan. Bagaimana dengan santri milenial?

Baca juga: Pengertian Santri Milenial atau Santri Millennial Itu Apa Sih?

BAGAIMANA MENURUT KAMU?