Kenali Wisata Pantai 9 di Gili Genting Sumenep, Akses Mudah, Tarif Murah, Fasilitas Lengkap

oleh -
Kenali Wisata Pantai 9 di Gili Genting Sumenep
Gambar: Salah satu wisatawan Pantai Sembilan berpose di dekat tulisan "Kutunggu Cintamu di Pantai Sembilan"

Wisata Pantai 9 yang ada di Kepulauan Gili Genting Sumenep Madura Jawa Timur ini cocok sekali menjadi prioritas wisata pantai untuk dikunjungi keluarga kecil anda di akhir pekan. Jadi selain Pantai Gili Iyang dan Gili Labak, Sumenep juga menyuguhkan Pantai Gili Genting yang tempatnya berada di kepulauan Sumenep.

Sebenarnya di Kepulauan Gili Genting ini ada 3 spot pantai yang cukup menawan, di antaranya: Pantai Sorok, Pantai Kahuripan, dan Pantai Sembilan. Namun dari ketiga pantai tersebut, tampaknya Pantai 9 yang menjadi primadona karena fasilitas di sana sudah cukup memadai dan pemandangan di Pantai Sembilan pun sangat eksotis, sampai-sampai dijuluki Hawaii-nya Madura. Cukup menarik bukan?

Baca juga: Wisata Pantai Gili Labak Sumenep

Keindahan Pantai 9 Sumenep

Keindahan Pantai 9 Sumenep

Di Pantai 9 inilah anda akan menyaksikan surga dunia yang selama ini anda cari. Anda pasti akan terpesona dengan keindahan pasirnya yang putih, airnya juga sangat bening. Tidak hanya itu, panorama keindahan pantai 9 ini bisa anda nikmati juga dari dasar laut dengan cara terjun langsung. Waw seru bukan?

Panorama alam yang ada di sekitar Pantai 9 sungguh inda. Pohon yang rindang dan masih terbilang sangat asri. Tidak hanya itu, panorama bawah Pantai 9 juga berbeda dengan pantai lainnya yang umumnya menyuguhkan terumbu karang. Di dasar pantai 9, anda tidak akan menemui terumbu karang melainkan anda akan menyaksikan pasir yang sangat bersih sehingga tampak kepermukaan. Waw menakjubkan bukan?

Ombak yang ada di Pantai Sembilan juga cukup tenang, sehingga relatif aman bagi Anda yang hendak snorkeling, naik banana boat, bermain voli pantai, atau sekadar nongkrong di tepi pantai sambil bermain-main pasir pun bisa. Yang lebih menarik lagi, di sana juga ada beberapa ayunan gratis layaknya di Lombok atau Bali, dengan papan besar bertuliskan Pantai Sembilan. Biasanya para wisatawan banyak yang mencoba berfoto selfie di sana dengan berlatarkan pemandangan laut di pagi atau sore hari.

Baca juga: Wisata Pantai Gili Iyang Sumenep Madura

Fasilitas Penginapan di Pantai 9

Fasilitas Penginapan di Pantai 9

Anda jangan khawatir, fasilitas umum seperti penginapan untuk para pengunjung dan aneka makanan di sekitar penginapan akan memanjakan anda. Guest house yang dibangun mirip pondokan berwujud rumah panggung siap membawa malam-malam anda dengan mimpi indah. Posisi penginapan tersebut berderet di pinggir pantai, tidak jauh dari dermaga, sehingga memudahkan anda untuk beristirahat setelah puas seharian menikmati panorama laut lepas di Pantai 9. Dari dermaga, anda bisa berjalan kaki sekitar 15 menit saja menuju guest house, melalui area perkampungan.

Setidaknya terdapat 19 unit guest house atau penginapan di Pantai Sembilan. Bangunan guest house di Pantai Sembilan memang memiliki gaya arsitektur yang unik dengan didominasi ornamen kayu yang dicat warna-warni. Guest house itu pula yang kerap dijadikan spot foto instagramable oleh para pengunjung, selain tentunya latar belakang Pantai Sembilan itu sendiri yang benar-benar mempesona.

Penginapan di Pantai Sembilan tersedia dalam beberapa tipe yang biasanya dibedakan berdasarkan kapasitasnya, antara 4 orang sampai maksimal untuk menginap 10 orang. Dalam satu unit guest house setidaknya terdapat fasilitas berupa 2 bed atau ranjang dengan 4 set bantal dan guling, serta penyejuk ruangan alias air conditioner (AC).

Rate atau harga sewa guest house di Pantai 9 bermacam-macam, ada yang tarifnya Rp 300 ribuan per malam, Rp 500 ribuan per malam, hingga yang paling mahal hanya Rp 750 ribuan per malam. Cukup murah bukan? Jika Anda datang bersepuluh, maka setidaknya Anda bisa ‘patungan’ Rp 75 ribuan saja per orang untuk menginap di guest house yang paling mahal. Ketentuan check in di penginapan yang ada di Pantai Sembilan dimulai sejak pukul 13.00 WIB, sedangkan check out-nya sebelum jam 12.00 WIB.

Apabila Anda berencana untuk menginap di Pantai 9, pastikan anda telah melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari, setidaknya 1 minggu atau 1 bulan dari jadwal kedatangan Anda di Pantai Sembilan. Kemudian jika memang pasti menginap, Anda bisa membayar uang muka atau down payment (DP) terlebih dahulu sebesar 50% dari biaya yang ditetapkan, lalu pelunasannya dilakukan saat hari H-nya.

Rute menuju Pantai 9

Rute menuju Pantai Sembilan (9)

Untuk menuju Pulau Gili Genting, ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh. Yang pertama bisa melalui Kalianget. Anda dapat melalui Pelabuhan Jangkar-Situbondo dengan naik kapal ferry. Tarif kapal ferry kabarnya sekitar Rp 45 ribuan, kemudian dari Pelabuhan Kalianget Anda bisa naik angkot ke Terminal Sumenep dengan biaya Rp 10 ribu. Dari Terminal Kalianget, naik saja bus ekonomi dengan harga tiket Rp 7 ribuan, lalu turun di pertigaan Tanjung Saronggi.

Rute kedua bisa via Pelabuhan Panarukan. Kabarnya pilihan rute ini bisa Anda tempuh secara gratis jika Anda menumpang kapal barang, lalu turun di Pulau Gili Raja. Dari Pulau Gili Raja Anda harus menyeberang ke Pelabuhan Cangkarman dengan ongkos sekitar Rp 10.000. Selanjutnya, bisa naik bus elf ke pertigaan Tanjung Saronggi dengan ongkos Rp 10 ribuan. Dari sana, lanjutkan saja perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Saronggi.

Rute terakhir apabila dari Surabaya justru lebih mudah lagi. Dari Terminal Bungurasih alias Purabaya, Anda bisa naik bus ekonomi jurusan ke Madura, lalu turun saja di pertigaan Tanjung Saronggi – Bluto – Sumenep. Biayanya sekitar Rp 35 ribuan. Selanjutnya, Anda bisa angkutan umum (angkot) jurusan Pelabuhan Tanjung Tembaga, lanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Panarukan ke Pulau Gili Genting. Dari Surabaya ke Sumenep setidaknya butuh waktu sekitar 3,5-4 jam untuk sampai di pelabuhan penyeberangan.

Dari Sumenep untuk menyeberang ke Pulau Gili Genting membutuhkan waktu tempuh antara 15-30 menit. Bahkan kabarnya Anda juga bisa sekaligus mengangkut motor dalam kapal ferry untuk menyeberang ke Gili Genting. Kabarnya tiap kapal ferry setidaknya dapat mengangkut 10 motor. Biaya penyeberangan berkisar Rp 10 ribu, biaya mengangkut motor Rp 5 ribuan, dan untuk menurunkan motor pun setidaknya beri Rp 2 ribuan pada sang awak kapal.

Kalau anda masih bingung, silahkan buka google maap anda, ketik saja “jalan pantai sembilan”. Atau tekan link ini saja AKSES JALAN

Harga Tiket Masuk Pantai 9 tahun 2019

Harga Tiket Masuk Pantai 9 tahun 2019

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Sumenep. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday, harga tiket masuk Pantai Sembilan adalah Rp5,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Pantai Sembilan adalah Rp5,000.00. Ada baiknya konfirmasi harga lewat call center di bawah. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Jam Buka dan Tutup Pantai 9

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kab Sumenep. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Pantai Sembilan.

Pantai Sembilan buka jam 24 jam dan tutup jam -. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.

No telp dan kontak Pantai 9

Jika ada yang kurang jelas mengenai tujuan wisata anda, ada baiknya menghubungi call center masing-masing tempat wisata tersebut. Di bawah kami sediakan daftar no telp yang bisa dihubungi. Jika ada no telp yang tidak bisa dihubungi, mohon infokan kepada kami.

Mengapa dinamakan Pantai 9?

Jika dilihat dari atas ketinggian pinggiran pantai ini akan membentuk angka sembilan. Namanya yang unik memudahkan kita untuk mengingatnya, selain panorama keindahan yang ada disana.

Baca juga: Pengertian Wisata Religi Menurut Para Ahli

Lalu, apalagi yang bisa kami ceritakan untuk anda, kecuali saran agar kalian segera luangkan waktu untuk langsung datang ke Wisata Pantai Sembilan. Pastikan juga kalau rencana liburan kalian sudah terisi jadwal mengunjungi Pantai Sembilan ya. Dari santri, selamat berlibur dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kesopanan. Ok (*)

Penulis: Mulyadi

Editor: Muweil