Wisata Pantai Gili Iyang Sumenep Madura

oleh -
Wisata Pantai Gili Iyang Sumenep Madura

Sumenep – Wisata Pantai Gili Iyang hanya satu dari puluhan wisata pantai yang ada di Kabupaten Sumenep. Pantai Gili Iyang adalah pantai yang letaknya berada di Kepulauan Gili Iyang Kabupaten Sumenep Madura.

Pantai Gili Iyang tidak hanya memberikan sensasi pantai yang indah tapi juga memiliki oksigen paling bagus nomor dua di dunia setelah Yordania. Penasaran bukan?

Hal itu terungkap setelah hasil penelitiah LAPAN pada 2006. Dimana kadar oksigen beradar dalam kisaran 3,4 persen hingga 4,8 persen. Artinya oksigen di sana di atas normal. Kemudian pada tahun 2016, Badan Lingkungan Hidup (BLH), penelitian serupa juga melakukan penelitian. Hasilnya, Kandungan oksigen Pulau Gili Iyang di atas rata-rata wilayah lainnya, yakni 21 persen. Waw luarbiasa bukan?

Dari sisi fasilitas infrastruktur pantai di Gili Iyang tealah banyak perbaikan. Bahkan bisa dibilang pembangunan di sana tergolong paling pesat bila dibanding pulau-pulau lain yang juga menjadi kawasan wisata. Seperti pavingisasi sudah hampir menyentuh semua jalan desa.

Bukan hanya itu, homestay rumah penduduk sudah dipersiapkan juga walaupun masih perlu banyak peningkatan lagi. Pulau Gili Iyang sangat cocok menjadi wisata keluarga.

Baca juga: Pantai Taneros Sumenep, Wisata Gratis Untuk Semua Kalangan

Rute menuju Pulau Gili Iyang
Pelabuhan Dungkek Sumenep

Secara ekonomi untuk mencapai ke Pulau Gili Iyang tidak perlu mengeluarkan budget yang begitu dalam. Rutenya, untuk menuju Pulau Gili Iyang, wisatawan harus ke Pelabuhan Dungkek, Sumenep. Banyak Mobil Penumpang Umum (MPU) yang ada setiap saat dari Kota Sumenep menuju Pelabuhan Dungkek, tarifnya sebesar Rp 20 ribu. Murah bukan?

Bila menggunakan kendaraan pribadi, entah roda dua maupun roda empat, pengunjung bisa menitipkannya di rumah warga tak jauh dari Pelabuhan Dungkek. Mengenai kemanan, terjamin. Lagi pula lokasi pelabuhan juga dekat dengan Mapolsek Dungkek.

Sementara Dari pelabuhan Dungkek menuju Pulau Gili Iyang, sudah banyak perahu motor milik nelayan yang menunggu kedatangan anda, tarif untuk reguler hanya Rp15 Ribu per orang. Perahu reguler berangkat pada pukul 10.00 WIB.

Bila datang dengan rombongan besar, pengunjung bisa menyewa perahu. Pulang-pergi Rp500 ribu dengan kapasitas perahu maksimal 30 orang. Tapi untuk rombongan kecil bisa menyewa perahu yang ukurannya lebih kecil, sekitar Rp200 ribu.

Waktu tempuh pelabuhan Dungkek ke Pulau Gili Iyang antara 45 menit sampai 60 menit dalam kondisi cuaca normal. Setibanya di Pulau Gili Iyang, anda tinggal menyewa kendaraan di kawasan pelabuhan Pulau Gili Iyang untuk menuju titik oksigen terbaik di Desa Bancamara. (MuS)