LTN-NU Malang Gelar Santri Milenial Goes to Inspiring Writer

oleh -
LTN-NU Malang Gelar Santri Milenial Goes to Inspiring Writer
Para panitia beserta para peserta Santri Milenial Goes to Inspiring Writer berpose bersama di sela-sela acara

Malang – Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama’ (PC LTN-NU) Kota Malang gelar Santri Milenial Goes to Inspiring Writer dengan tema Santri Memangdang Indonesia, Senin (20/08/19).

Tidak hanya LTN NU saja, PC LD-NU, PC Lakspekdam NU Kota Malang, PK ISNU UIN Malang, UIN Maliki Press dan Komunitas Liyan juga ikut bergabung dengan acara yang diselenggarakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini.

Menurut panitia, acara ini memang digelar khusus untuk kaum Santri Milenial agar mampu menulis dengan baik dan benar.

“Ia acara ini memang didedikasikan kepada santri-santri agar mampu membuat karya tulis yang inspiratif, sejuk dan damai di tengah-tengah masyarakat luas. Karena bagaimana pun santri memiliki keyakinan bahwa agama dan negara adalah dua hal yang saling melengkapi,” terang Ketua Panitia Achmad Diny Hidayatullah.

Diny juga mengatakan bahwanya tidak hanya peserta dari Malang saja, tapi banyak juga dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.

“Harap kami, setelah para peserta yang dari berbagai daerah itu mengikuti acara ini mampu melahirkan buah karya tulis yang inspiratif, utamanya konten-konten keislaman dan kebangsaaan. Sehingga nantinya bisa dicetak dalam bentuk buku. Juga bisa menghasilkan artikel populer tentang wajah Islam yang ramah dan rahmatan lil ‘alamin, baik disebarkan melalui website maupun media sosial,” tuturnya.

Sementara Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Malang KH. Isroqunnajah pada saat membuka acara tersebut menyampaikan, pentingnya dakwah melalui media. Dan katanya, santri menulis sangat relevan untuk dikembangkan dan disalurkan lewat media. Mari kita isi website dan media sosial dengan Islam ramah,” dauhnya.

Baca juga: LTN-NU Jatim 2019 Adakan Rakorwil & MoU Kerjasama Asosiasi Radio Jawa Timur

Adapun salah satu pemateri dalam acara Santri Milenial Goes to Inspiring Writer tersebut adalah Ketua PC LD-NU Kota Malang, Mohammad Yahya Ph.D yang menjelaskan tentang, Smart Writing: How to Get Writing Inspiration.

Untuk pemateri keuda yaitu Pengurus LTN NU Jatim sekaligus Ketua PC Lakspekdam NU Kota Malang Dr. M. Faisol Fatawi M. Ag, tentang materi kepenulisan.

Pemetaan konsep acara adalah 30% materi kepenulisan dan 70% praktik menulis di tempat.  Model coaching clinic yang diadakan ini, menarik banyak pihak untuk berpartisipasi. Awalnya hanya untuk 30 peserta saja, akan tetapi dua hari pendaftaran secara online, jumlah peserta sudah melebihi 50 peserta.

Saat kegiatan berlangsung, peserta yang ikut dapat pendampingan dari para mentor para penulis senior yang bertugas sebagai fasilitator dalam kepenulisan.

Selesai acara, naskah hasil karya mereka dikumpulkan dan secara berkala akan diupload di beberapa website, dan juga rencananya akan dibukukan menjadi buku antologi santri. (rk/now)