di ,

19 Hadis Tentang Keutamaan Sholawat Nabi Muhammad SAW

19 Hadis Tentang Keutamaan Sholawat Nabi Muhammad SAW

SantriNow | Setidaknya ada 19 hadis yang menjelaskan tentang keutamaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dari berbagai riwayat. Adapun hadis-hadis tersebut adalah sebagai berikut:

1). Paling mulia pada hari kiamat.

Sesungguhnya  manusia yang paling utama disisi ku kelak pada hari  kiamat adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat kepadaku. (HR.Tirmidzi dari ibnu Mas’ud).

2). Allah membalas sepuluh kali lipat.

Barangsiapa yang membaca shalawat kepadaku satu kali maka Allah  menurunkan sepuluh rahmat kepada orang itu. (HR.Muslim dari Abdullah bin Amr bin Ash).

3). Keutamaan bershalawat di hari jum’at.

Sesungguhnya hari yang paling utama bagi bagi kamu semua adalah hari   jumat. Maka perbanyak lah membaca shalawat kepadaku pada hari itu    karena sesungguhnya bacaan shalawatmu itu diperlihatkan kepadaku. Para sahabat bertanya wahai Rasulullah, bagaimana bacaan shalawat  kami  diperlihatkan kepada tuan, sedang jasad  tuan telah bercampur   dengan tanah? Beliau Rasulullah bersabda. sesungguhnya Allah   mengharamkan kepada bumi untuk memakan jasad para nabi. (HR. Abu Daud dari Aus bin Aus).

Perbanyak lah olehmu membaca shalawat di malam hari jumat dan  siangnya karena shalawat itu dipintakan/ disampaikan kepadaku. (HR.At-Thabrani). Perbanyaklah  membaca  shalawat  kepadaku  setiap  hari jum’at,sebab  shalawat  umatku  disampaikan  kepadaku  setiap  hari jum’at.     Barangsiapa     yangpaling     banyak     shalawatnyakepadaku     dari     mereka,maka     ia     orang     yang     terdekat dari mereka kepadaku akan tingkatanya.(HR.Al-Baihaqi dari Abi Umamah).

Barangsiapa bershalawat kepadaku di hari jum’at seratus kali, maka ia datang di hari kiamat dengan cahaya, andaikata dibagi antara mahluk semuanya, maka cahaya itu akan memenuhinya. (HR.Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah dari Ali dari ayahnya dari kakeknya).

Barangsiapa  bershalawat  kepadaku  di  hari  jum’at  dua  ratus  shalawat,  maka  diampuni  baginya  dosa  dua  ratus  tahun. (HR.Ad-Dailami dari Abu Dzar RA).

4). Bershalawat kepada rasul akan sampai kepadanya.

Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda “Janganlah kamu menjadikan rumah-rumahmu sebagai kubur dan janganlah kamu menjadikan kuburku sebagai persidangan hari raya”. Bershalawatlah kepadaku karena   shalawatmu sampai kepadaku dimana saja kamu berada. (HR.An Nasai,    Abu Daud dan Ahmad serta di shohihkan oleh An Nawawi, hadist dari    Abu Hurairah).

5). Orang bakhil adalah orang yang tidak bershalawat.

Orang  bakhil  (kikir)  adalah orang yang apabila mendengar namaku  disebut ia tidak membaca shalawat kepadaku. (HR.Tirmidzi dari Sayyidina Ali RA).

6). Rasul menjawab salam orang yang memberi salam.

Tidak ada   seorangpun yang mengucapkan salam kepadaku melainkan Allah mengembalikan nyawaku, sehingga aku dapat menjawab salam        kepadanya. (HR.Abu Daud dari Abu Hurairah).

7). Dalam berdoa harus disertakan dengan shalawat.

Dari Fadlalah bin Ubaid Ra. Berkata “Bahwasanya Rasulullah SAW  mendengar seseorang berdoa sewaktu shalat yang tidak mengagungkan  nama Allah SWT dan tidak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, maka Rasulullah SAW bersabda orang ini tergesa-gesa. Kemudian         beliau memanggilnya seraya bersabda kepadanya dan kepada yang lain “Bila salah seorang diantara kamu berdoa maka hendaklah ia memulai  dengan memuji dan menyanjung Tuhannya yang Maha Suci, kemudian     membaca shalawat kepada Nabi Saw, setelah itu berdoa sekehendak     hati”. (HR.Abu Daud dan Tirmidzi).

8). Bershalawat dapat menghapus dosa.

Bershalawatlah kamu kepadaku, karena shalawat itu menjadi zakat (benteng jiwa, pembersih dosa) bagimu. (HR.Mardawaih). 

9). Menjawab adzan dan berdoa disertakan dengan shalawat.     

Apabila kamu mendengar muadzin yang menyerukan adzan, maka      jawablah dengan bacaan yang sama, setelah selesai maka bershalawatlah kamu kepadaku. (HR.Imam Ahmad dan Muslim).

10). Doa terhalang/tidak dikabulkan jika tidak membaca shalawat.

Sesungguhnya doa itu berhenti diantara langit dan bumi, tiada naik      barang sedikitpun dari padanya sehingga engkau bershalawat atas Nabimu. (HR.Tirmidzi). Setiap do’a adalah terhalang sehingga   bershalawatlah atas Nabi Muhammad Saw dan kepada keluarganya. (HR.At-Thabrani).

Dari  Anas bin Malik dari Nabi Saw bersabda,  “tidaklah sebuah doa yang dimohonkan kepada Allah kecuali antara doa dan langit terdapat    hijab/dinding sehingga dibacakan shalawat kepada Nabi Saw, apabila    dibacakan shalawat kepada Nabi Saw maka terbukalah hijab/dinding penghalang dan masuklah doa itu, jika tidak dibacakan shalawat maka doa itu akan kembali lagi”. (Al-Hadist).

11). Orang yang tidak bershalawat, tidak mendapat berkah. 

Setiap pekerjaan yang baik tidak dimulai dengan hamdalah dan shalawat, maka pekerjaan atau urusan itu terputus dan hilang          keberkahannya. (HR.Abu Hurairah).

12). Telinga mendenging, bacalah shalawat.  

Jika telinga salah seorang dari kamu mendenging maka hendaklah ia mengingatku dan bershalawat kepadaku. (HR.Ibnu Sunni).

13). Orang yang bershalawat mendapat syafat dan tinggi  derajat.

Barangsiapa yang bershalawat kepadaku pada pagi hari sepuluh   kali   dan sore hari sepuluh kali maka ia berhak mendapatkan syafaatku pada   hari   kiamat. (Al-Hadits).

Dari  Hasan  bin  Ali  Ra  dari  Nabi  Saw.Sesungguhnya beliau bersabda “Perbanyaklah membaca shalawat  kepadaku karena sesungguhnya bershalawatnya kalian memberikan ampunan dosa-dosa kalian dan mintalah wasilah/tawasul kepadaku dan derajat yang tinggi. Sesungguhnya wasilahku disisi Tuhanku merupakan syafaat bagi kalian”. (Al-Hadist).

Barangsiapa bershalawat kepadaku disisi kuburku, maka aku    mendengarnya. Siapa bershalawat kepadaku dari jauh maka shalawat itu  diserahkan oleh seorang malaikat yang menyampaikan kepadaku, dan ia  dicukupi urusan kedunian dan keakhiratannya, dan aku sebagai saksi dan  pembela baginya. (HR.Al-Baihaqi dan Al-Khotib dari Abi Hurairah RA).

14).Orang yang tidak bershalawat dihinggapi sifat kekurangan.

Tiadalah  duduk  suatu  kaum  didalam  suatu  majelis,sedang  mereka  tidak  menyebut  (mengingat)  Allah  ta’ala dan  tiada bershalawat  untuk  Nabinya,  melainkan  menderita  kekurangan,  maka  jika  Allah  menghendaki,  niscaya  Allah akan  menyiksa mereka     dan     jika     menghendaki,     niscaya     Allah     akan     mengampuni     mereka.(HR.Tirmidzi     dan     Abu     Daud).

15).Majelis yang tidak dibacakan shalawat adalah seperti menebar bau   busuk.

Dari Jabir Ra, dari Nabi Saw. Sesungguhnya beliau  bersabda “Tidaklah seseorang duduk di suatu majelis kemudian berpisah/bubar  tanpa bershalawat kepadaku, kecuali mereka berpisah layaknya menebar bau busuk bangkai”.(Al-Hadist).

16). Seratus kali bershalawat membuka seratus pintu hajat.

Barangsiapa  bershalawat kepadaku dalam  sehari  seratus kali, maka Allah mendatangkan baginya seratus hajat, yang tujuh puluh untuk akhiratnya   dan   yang   tiga   puluh   untuk dunianya.(HR.Ibnu Najar dari Jabir RA).

17).Seribu kali bershalawat mendapat ganjaran surga.

Barangsiapa bershalawat kepadaku dalam sehari seribu kali, maka dia tak akan mati sehingga ia digemberikan dengan surga. (HR. Abu Syeikh dari Anas RA).

18). Bershalawat  mendapat  pahala  berzakat.

Dimana  seorang  muslim  tidak  mempunyai  sedekah,  maka  ucapkanlah  dalam doanya”Allahumma sholli alaa muhammadin abdika wa rosuulika washolli alal mu’miniina wal mu’minaati wal muslimiina wal muslimaati”. Sesungguhnya baginya merupakan zakat. (HR.Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim dari Abi Sa’id RA).

19). Lupa bershalawat akan dilupakan jalan ke surga.

Dari Abu Hurairah Ra berkata, Rasulullah Saw bersabda “Barangsiapa     lupa bershalawat kepadaku, maka ia  dilupakan jalan menuju surga”.(Al-Hadits).

Bonus Hadis Tentang Keistimewaan Sholawat Nabi

Orang  yang  bershalawat  didoakan  oleh  para  malaikat. Diriwayatkan  dari  Nabi  Muhammad SAW. Bahwasanya Nabi bersabda  “Aku  didatangi  oleh  Malaikat  Jibril  As, Malaikat  Isrofil  As, Malaikat Izroil  As,  danMalaikat Mikail  As. Dan  Malaikat Jibril   As   berkata,   wahai   Rasulullah   barangsiapa yang bershalawat kepadamu sepuluh   kali   maka   saya   membela/ mengambilnya  dan  menyuruhnya menyebrang  pada  titian  shirotol  mustaqim.  Malaikat  Mikail  As  berkata,  saya  akan memberinya minum dari telagamu. Malaikat Isrofil As berkata, saya akan bersujud kepada Allah dan tidak akan mengangkat kepalaku  sehingga  dia  diampuni  oleh  Allah.Malaikat Izroil  As  berkata,  saya  akan  memegang  ruhnya  sebagaimana  saya memegang arwah para nabi”.(Al-Hadits).

By Ust. Maulana

BAGAIMANA MENURUT KAMU?