di ,

Ummu Athiyyah, Relawan Medis dan Modin Wanita di Zaman Nabi

Ummu Athiyyah, Relawan Medis dan Modin Wanita di Zaman Nabi

Surabaya – Sahabat wanita ini bernama asli Nusaibah binti Harits, namun terkenal dengan nama kunyah Ummu Athiyyah. Ada 40 hadis yang beliau sampaikan dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

ﻋﻦ ﺃﻡ ﻋﻄﻴﺔ اﻷﻧﺼﺎﺭﻳﺔ، ﻗﺎﻟﺖ: «ﻏﺰﻭﺕ ﻣﻊ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺳﺒﻊ ﻏﺰﻭاﺕ، ﺃﺧﻠﻔﻬﻢ ﻓﻲ ﺭﺣﺎﻟﻬﻢ، ﻓﺄﺻﻨﻊ ﻟﻬﻢ اﻟﻄﻌﺎﻡ، ﻭﺃﺩاﻭﻱ اﻟﺠﺮﺣﻰ، ﻭﺃﻗﻮﻡ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺮﺿﻰ»

Ummu Athiyyah berkata: “Saya ikut perang bersama dengan Nabi shalallahu alaihi wasallam sebanyak 7 kali. Saya berada di perkemahan, membuat makanan untuk para Sahabat, mengobati yang terluka dan merawat Sahabat yang sakit” (HR Muslim)

ﻋﻦ ﺃﻡ ﻋﻄﻴﺔ، ﻗﺎﻟﺖ: ﻗﺎﻝ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻟﻬﻦ ﻓﻲ ﻏﺴﻞ اﺑﻨﺘﻪ: «اﺑﺪﺃﻥ ﺑﻤﻴﺎﻣﻨﻬﺎ ﻭﻣﻮاﺿﻊ اﻟﻮﺿﻮء ﻣﻨﻬﺎ»

Ummu Athiyyah berkata bahwa saat beliau bersama beberapa wanita memandikan jenazah Putri Nabi (Sayidah Zainab) maka Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Dahulukan yang sebelah kanan dan anggota tubuh tempat-tempat wudhu” (HR Bukhari)

ﻭﻗﺎﻟﺖ ﺃﻡ ﻋﻄﻴﺔ: «ﻧﻬﻴﻨﺎ ﻋﻦ اﺗﺒﺎﻉ اﻟﺠﻨﺎﺯﺓ، ﻭﻟﻢ ﻳﻌﺰﻡ ﻋﻠﻴﻨﺎ»

Ummu Athiyyah berkata: “Kami -para wanita- dilarang mengantar jenazah (ke makam) namun tidak dipertegas kepada kami” (HR Bukhari)

Ummu Athiyyah berpindah domisili ke Bashrah setelah Nabi wafat. Di sana banyak Tabi’in menerima riwayat hadis dari Ummu Athiyyah, termasuk Tabi’in senior Muhammad bin Sirin. Ummu Athiyyah termasuk wanita yang berumur panjang karena wafat pada tahun 70 Hijriyah.

Baca juga: KH Ma’ruf Khozin: Dakwah Beda Mazhab Bukan Beda Agama

Sekilas tentang sejarah hidup Sahabat Wanita Ummu Athiyyah ini saya sampaikan tadi pagi saat kuliah Subuh kitab “Sahih Bukhari” di masjid Manarul Ilmi ITS. Saya hubungkan dengan para Modin Wanita, kebetulan saya ditunjuk sebagai instruktur perawatan jenazah di Surabaya, bahwa mereka rata-rata sudah sepuh namun masih diberi kesehatan oleh Allah. “Jika ingin panjang umur, jadilah Modin” kata saya yang disambut jamaah kuliah Subuh dengan senyum di pagi hari. Inti dari Pak Modin dan Bu Modin adalah berbuat baik dan menolong orang lain. (*)

Penulis: KH Ma’ruf Khozin

BAGAIMANA MENURUT KAMU?