Cara Santri, Lempar Piring Berisi Makanan dengan Cepat

oleh -
Cara Santri, Lempar Piring Berisi Makanan dengan Cepat

Jakarta – Cara unik seorang santri zaman now saat membagikan makanan kepada teman-temannya. Tampak piring yang sudah berisi makanan tersebut tersusun secara rapi di lantai. Kemudian, dalam video yang berdurasi 5 menit itu, seorang santri melempar piring yang sudah berisi makanan tanpa canggung.

Dan salutnya, makanan yang dalam piring tidak tumpah sedikit pun. Tentu saja tukang lemparnya bukan santri sembarangan, pastinya dia sudah yakin dan punya keahlian dalam melempar piring berisi makanan tersebut. Kebiasaan secamam ini bukan hal baru dalam kehidupan pesantren.

Santri sering kali melakukan hal yang di luar kebiasaan orang pada umumnya. Bukan hanya soal lempar piring sebagaimana video yang beredar itu. Bahkan saat santri gotong royong untuk membangun sebuah asrama pesantren misalkan, mereka juga melakukannya dengan kecerdikan. Misal, saat membagikan batu bata atau batu putih kepada Pak Tukang (orang yang bertugas menyusun batu tembok) yang sedang berada di atas tangga. Biasanya santri melempar batu bata itu ke atas dan diterima oleh Pak Tukang yang sudah siap menerima.

Baca juga: Santri dan Takzir

Mengapa kebiasaan kerja santri bisa seperti ini?

Pertama, karena kerja santri mesikipun rumit atau bahkan berat, seringkali tidak dibuat sulit. Mereka kalau kerja tidak serius-serius amat, artinya santri sudah biasa bekerja dengan rileks seakan tanpa beban bahkan sambil tertawa-tawa.

Kedua, umumnya santri secara umur masih terhitung remaja. Sehingga melakukan sesuatu selalu mencari model baru yang kadang aneh dan beresiko. Maklum anak muda selalu ingin mencari nuasan baru atau bahkan cari sensasi. Belum lagi kalau ada santri putri pasti tambah jadi. Hehehe.

Sehingga bagi yang tidak pernah mondok, kejadian-kejadian semacam itu terlihat aneh dan kurang elok. Namun seandainya netizen dulu pernah tinggal di pesantren pasti tidak kaget. Makanya agar tidak memiliki generasi yang kagetan, pondokkan putra putrinya ke pesantren.

Video susunan piring yang kemudian dilempar seorang santri yang viral di instagram dan medsos lainnya itu, menimbulkan beragam komentar dari para netizen ada yang mengapresiasi namun tidak sedikit yang mengolok-olok. Ya biasalah netizen selalu benar dengan sabda-sabdanya. Alhasil jadi santri itu keren, jadi santri itu akan mandiri dan cerdas dalam bersikap. Salam santri zaman now.

View this post on Instagram

Cara cepat susun piring ala pesantren.

A post shared by Viral Berita (@viral_berita) on

Penulis: Kontributor