di , , , ,

Ketika Adab Melambungkan Derajat Syaikhona Kholil Bangkalan

Ketika Adab Melambungkan Derajat Syaikhona Kholil Bangkalan

Bangkalan – Sudah masyhur bahwa Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan merupakan ulama besar dari Bangkalan Madura. Karenanya dalam tulisan ini penulis ingin menyajikan gambaran sosok Syaikhona Muhammad Kholil dari sisi akhlak mulia beliau, sehingga mendapatkan derajat agung di sisi Allah dan hambaNya.

Selama ini banyak yang memandang Syaikhona sebagai sosok waliyullah pemilik ribuan karomah, yang seringkali perilakunya tidak bisa dinalar akal orang-orang biasa.

Syaikhona juga dikenal sebagai salah satu Inspirator berdirinya organisasi Islam terbesar di dunia hari ini yaitu Nahdlatul Ulama (NU). Syaikhona merupakan seorang “murobbi” sejati yang murid-muridnya berhasil menjadi ulama-ulama besar yang menyebarkan Islam di seluruh penjuru Nusantara.

Namun disini kami tidak akan membahas tentang ribuan karomah dan keajaiban yang Syaikhona miliki, selain karena memang sudah banyak yang menceritakannya, lagi pula, terlalu banyak membahas bab karomah hanya akan membuat generasi muda saat ini menganggap bahwa Syaikhona adalah sosok yang tak bisa terjangkau dan dijadikan panutan.

Padahal tujuan utama kita mengkaji sejarah seorang ulama adalah untuk meneladani tindakan dan sikapnya. Kami hanya akan menunjukkan satu “kunci”, dimana dengannya Syaikhona bisa meraih dan menggapai semua kemuliaan yang terus mengalir sampai detik ini, dimana dengan “kunci” itu hingga hari ini nama Syaikhona Kholil masih sangat diagungkan, hingga ribuan peziarah datang ke petilsan Syaikhona sampai hari ini.

Kunci kemuliaan itu adalah Adab atau sopan santun. Adab mulia nan luhur adalah hal yang paling menonjol dari sejarah hidup seorang Syaikhona.

Baca juga: Nasehat Kyai Kholil Bangkalan

BAGAIMANA MENURUT KAMU?