9 Akibat Sholat Dhuha

oleh -
9 Akibat Sholat Dhuha

SantriNow | Akibat sholat dhuha rezeki akan lancar. Wah itu kata-kata yang sudah biasa guys. Tidak hanya sebatas itu saja. Bila kamu rajin sholat dhuha, setidaknya akan mendapatkan 9 manfaat ini.   

Pertama guys; orang yang shalat Dhuhanya rajin dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah “Barangsiapa yang selalu mengerjakan sholat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih lautan.” (HR. Turmudzi)

Yang kedua guys; siapa saja yang rajin menjalankan sholat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah. Ini hadistnya guys “Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.”* (HR. Hakim).

Ketiga guys; orang yang istiqomah sholat Dhuha akan tercatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah serta dapat bangunan megah di Surga guys.

Ini dia hadistnya guys. “Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Sekarang yang keempat guys; orang yang istiqamah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, yaitu pintu Dhuha yang sudah disediakan oleh Allah. Ini dia hadistnya guys

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama Pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

Baca juga: Doa dan Tatacara Shalat Dhuha yang Dahsyat Fadhilahnya

Adapun yang kelima guys; Allah menyukupkan rezekinya. Ini yang selama ini kita sering dengar guys hingga mengendap di otak kita. Ini ada ada hadistnya juga guys.

“Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

Sementara yang keenam guys; orang yang senantiasa mengerjakan sholat Dhuha ia telah mengeluarkan sedekah.

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.”* (HR Muslim).

Ini dia yang ketujuh guys; orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah kemudian zikir sampai terbitnya matahari dan dilanjut dengan sholat Dhuha, maka orang tersebut akan mendapatkan pahala haji dan umrah.

Berikut dasar haditsnya dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang sholat shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir untuk Allah hingga matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan sholat dhuha dua rakaat, maka baginya seperti memperoleh pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya”. (H.R. Tirmidzi)

Baca juga: 9+ Amalan Pagi Hari & Fadhilahnya, Ala Santri Zaman Now

Kedelapan, kalau kamu rajin sholat Dhuha, Allah akan membangunkan istana yang terbuat dari emas di surga guys.

“Barangsiapa sholat Dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga”. (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Terakhir guys; setelah mengerjakan sholat dhuha, pastinya kamu akan berdo’a dulu guys. Adapun untuk do’a sholat dhuha adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Kesimpulan dari 9 akibat sholat dhuha ini guys belum ada apa-apanya. Karena yang terpenting dari semua ibadahmu adalah semata-mata rasa terimakasih kepada zat yang telah memberi nikmat kepadamu. Kan begitu kata pak kiai guys. Sudah cukup dulu ya. Yang rajin sholat dhua dan ibadah lainnya ya.

Oh ia ada tambaha sedikit guys. Kalau kamu punya tulisan menarik dan belum tampil di media mana pun boleh dikirim ke redaksi kami guys. Caranya gampang via email saja.(*)  

Penulis: Ust. Baihaqi

Edotor: Mou