Inilah Santri Kandidat Kuat Calon Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Jokowi Jilid 2

oleh -

SantriNow | Inilah sosok santri yang disinyalir akan jadi kandidat kuat Mentri di era Jokowi-Ma’ruf mendatang, Gus Abdul Ghofarrozin atau yang akrab disapa Gus Rozin namanya. Dia merupakan putra dari mantan Rais Aam PBNU KH. Sahal Mahfud (alm).

Gus Rozin yang sekarang menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Jokowi ini digadang-gadang akan berpeluang duduk sebagai Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf periode 2019-2024.

Berikut karir KH Abdul Ghafarrozin

Abdul Ghaffar Rozin atau Gus Rozin adalah seorang ulama yang menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pesantren Nahdlatul Ulama. Ia juga menjabat sebagai staf khusus presiden bidang keagamaan dalam negeri untuk Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2018.

Ia adalah salah satu orang yang mendukung pengadaan Hari Santri Nasional.Pada 18 Mei 2018, ia diangkat sebagai salah satu dari 200 ulama yang dianjurkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Gus Rozin lahir di Kempek, Cirebon, Jawa Barat. Ia adalah putra dari ulama asal Pati, Mohammad Sahal Mahfudz. Ia masuk Universitas Paramadina jurusan Hubungan Internasional dan melanjutkan pendidikan S2 di Monash University jurusan Bidang Studi Kepemimpinan, Kebijakan, dan Perubahan, dimana ia lulus pada tahun 2004.

Setelah itu, ia bekerja sebagai Komisionaris Independen PT Waskita Beton Precast sejak Agustus 2017. Ia juga menjadi rektor di Institut Pesantren Mathaliul Falah.

Baca juga: Ilmu Kompetisi Bukan Matematika, Kalah-Menang Biasa Aja Keles

Ya itulah sosok Gus Rozin kandidat calon Mentri Pendidikan dan Kebudayaan terkuat. (*)

Penulis: Sholeh

Editor: Muweil