PCNU Paniai Papua Gelar Konferensi Pertama Sejak Berdiri

oleh -
PCNU Paniai Papua Gelar Konferensi Pertama Sejak Berdiri

Paniai – Sejak PCNU berdiri di Kabupaten Paniai Papua 2014, baru tahun ini digelar konferensi, yakni 28 April 2019.

NU Paniai diharapkan tumbuh subur dan diterima masyarakat luas di Kabupaten Paniai usai Konferensi pertama digelar. Ketua PCNU KH.Abdul Majid mengatakan, “Kami ingin NU disini dicintai Masyarakat Paniai”.

Dari hasil konferensi tersebut PCNU Paniai melahirkan keputusan baru dan strategis untuk kedepannya,  Di antaranya:

1. Menyediakan klinik kesehatan

2. Membuat media da’wah lewat Stasiun Radio

3. Pengembangan organisasi berupa pembentukan Muslimat NU serta IPNU N IPPNU

4. Pengembangan LPMaarif dengan mendirikan Lembaga Formal MTS

5. Pembinaan Dai dan Daiyah NU di  kab. Paniai

6. Pembinaan para mualaf Kabupaten Paniai.

NU paniai berdiri pada tahun 2014 berdasarkan SK  PBNU yang ditanda tanggani oleh KH Said Aqil S dan KH Mustofa bisri selaku Rois suriah saat itu. Kantor sekretariat  NU Paniai tepatnya berada di Desa  Enarotali distrik Paniai timur kab. Paniai. Dalam Periode pertama,  NU Pania mengupayakan beberapa program kerja diantaranya sektor pendidikan, sektor ekonomi, sektor Dakwah.

“Kami telah membentuk LP Maarif NU dan dari lembaga ini kami sudah mengkordinir semua lembaga TPQ dan Madin yg sudah ada dan kami memastikan semua lembaga tersebut d bawah naungan LP Maarif NU dan berafiliasi dengan Islam Ahlussuna wal jamaah”, tutur KH.Abdul Majid yang juga Ketua Suriah NU Pania.

“Tidak itu saja Lewat LP maarif pula kami NU Pania  membuka lembaga formal yang berupa Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU di Paniai”. Imbuhnya

Di sektor Ekonomi, NU Paniai juga membentuk BUMINU yakni badan usaha milik NU dan sudah mampu mengoprasikan roda organisasi NU secara Mandiri.

Di sektor Dakwah, NU Paniai mendirikan beberapa majelis taklim. Di antaranya: Majlis Taklim Darul Ulum dan Majlis Taklim Al Hikmah, serta Majlis Khotmil Quran.

“Kami bersama-sama mendirikan Majlis taklim sebagai bagian dari bentuk Dakwah kami NU Paniai. Kami juga memberikan forum khusus membahas aswaja dan kajian kebangsaan di Majlis Taklim Khotmil Quran”. Ungkap Achmad Shomadi Alumnus Uinsa Surabaya yang menjabat Sekjen PCNU Paniai.

“Insyaallah kami bersama mampu mengemban tugas dan amanah kami untuk NU”. Imbuhnya. (Ridwan/MOu)