Kuda Lumping Sebagai Media Dakwah Pesantren

oleh -102 views
Kuda Lumping Sebagai Media Dakwah Pesantren

Tulang Bawang – Kuda lumping ramaikan acara karnaval Pondok Pesantren Darussalam Syafa’at . Acara yang digelar di Kampung Muris Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulangbawang, Lampung di mana pesantren itu berdiri, Selasa (30/4).

Pengasuh Pesantren Darussalam Syafa’at Ustadz Ilham Fanani, menuturkan bahwa Islam pada awal kedatangannya ke Indonesia berhasil tersebar secara luas berkat budaya lokal termasuk Kuda Lumping.

“Pesantren Darussalam Syafa’at ini berusaha melestarikan dakwah ala Walisongo, yaitu dengan menjadikan budaya lokal sebagai alat untuk mendekatkan masyarakat kepada Islam,” katanya.

Baca juga: Serunya Acara Wisuda 2019 Yayasan Pondok Pesantren Banu Hasyim

Artinya Pondok Pesantren yang baru diresmikan pada tahun 2004 ini berusaha merangkul semua orang dari berbagai lapisan masyarakat. Dengan harapan, pesantren ini menjadi salah satu corong dari pesantren yang menjunjung tinggi kebersamaan, keberagaman dalam ukhwah keislaman dan keimanan.

“Harapan kami, pesantren ini bisa diterima oleh semua kalangan dengan menjadikan budaya sebagai media dakwah,” ujar alumnus Pesantren Darussalam Syafa’at Blokagung Banyuwangi, Jawa Timur ini.

Sementara itu salah satu pengajar di pesantren ini Imam Asrofi, menambahkan, kalau acara haflah akhirussanah  Pesantren Darussalam Syafa’at tersebut masih akan digelar pada Rabu (1/5).

“Acara haflah akhirussanah TK, SD, SMP, SMK dan diniyah ini akan dihadiri oleh penceramah KH Mahfudz Syafaat dari Jakarta, ” kata mantan ketua PMII Cabang Tulang bawang ini. (*)