Ceramah KH Ma’ruf Khozin Tentang Keistimewaan Alquran di Dunia, di Alam Kubur dan di Akhirat

oleh -
Ceramah KH Ma'ruf Khozin Tentang Keistimewaan Alquran di Dunia, di Alam Kubur dan di Akhirat

Sidoarjo – KH Ma’ruf Khozin saat mengisi ceramah peringatan Nuzulul Quran di Pesantren Banu Hasyim Sidoarjo menjelaskan tentang keistimewaan Alquran di tiga alam, yaitu: di dunia, di alam kubur dan di akhirat.

Pertama dan kedua: Keistimewaan Alquran di dunia dan akhirat

Kata KH Ma’ruf Khozin, banyak ilmu pengetahuan sumbernya adalah Alquran. Jadi banyak ilmu modern hari ini bersumber dari Alquran. Kemudian beliau memberikan contoh dengan mengutip salah satu ayat di dalam Surat Yasin yang berbunyi,

اَلۡیَوۡمَ نَخۡتِمُ عَلٰۤی اَفۡوَاہِہِمۡ وَ تُکَلِّمُنَاۤ اَیۡدِیۡہِمۡ وَ تَشۡہَدُ اَرۡجُلُہُمۡ بِمَا کَانُوۡا یَکۡسِبُوۡنَ

Pada hari ini (hari kiamat) Kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada Kami tangan-tangan mereka dan memberi kesaksian kaki-kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. (QS. yasin 65)

Kata beliau, yang dimaksud tangan berbicara pada hari kiamat menurut para peneliti adalah sidik jari. Jadi, lanjut beliau, kalau ada pembunuhan lalu orang yang diduga membunuh ditangkap polisi kemudian dibawa ke pengadilan. Meskipun orang yang diduga mengaku tidak membunuh, dengan menghadirkan sepuluh saksi, tapi sidik jarinya ada di tubuh korban maka pengakuannya akan ditolak.

Kemudian apa yang dimaksud kaki bersaksi dalam ayat di atas? kata beliau yang dimaksud kaki bersaksi adalah bekas kaki. Kalau hari ini, kepolisian untuk menemukan jejak kaki buron adalah menggunakan anjing pelacak.

Dan juga salah satu ilmu yang sumbernya berasal dari Alquran yang terdapat dalam surat Al-kahfi ayat 49.

Kata beliau, kelak di hari kiamat, ketika orang akan menghadap kepada Allah, catatan amalnya oleh Allah diletakkan di sebelahnya. Lalu orang-orang yang berbuat dosa berkata:

وَيْلَتَنَا مَالِ هَٰذَا الْكِتَابِ لَا يُغَادِرُ صَغِيرَةً وَلَا كَبِيرَةً إِلَّا أَحْصَاهَا ۚ وَوَجَدُوا مَا عَمِلُوا حَاضِرًا ۗ وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا…

Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun

Tapi, kata beliau, gambaran ini di dunia sudah ada yaitu CCTV.

Ketiga: Keistimewaan Alquran di alam kubur

Kata beliau, bahwa dalam riwayat Imam Bukhori dijelaskan, kelak ketika seorang manusia sudah ada di dalam kubur, ia akan ditanya oleh malaikat, siapa tuhanmu, apa agamamu, setelah itu, manusia akan diperlihatkan gambar satu wajah. Malaikat akan bertanya, siapakah orang tersebut, maka orang yang diberi kemampuan oleh Allah akan menjawab, dia adalah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Malaikat bertanya lagi, dari mana kamu tahu, kalau itu Nabi Muhammad, padahal kamu tidak pernah jumpa dengan beliau, dan juga jarak antara rumahmu dengan Madinah itu ada ribuan kilo meter? Mayat itu pun menjawab, karena saya baca Alquran. (*)

Tulisan ini disarikan dari ceramah KH Ma’ruf Khozin di Pesantren Banu Hasyim, Janti Waru Sidoarjo, Jumat (24/05/19)