Predikat Sholat Jamaah Campur-Baur Laki-Perempuan

oleh -197 views
Predikat Sholat Jamaah Campur-Baur Laki-Perempuan
Gambar: ilustrasi

SantriNow | Sahkah secara fiqih, sholat berjamaah campur baur antara kaum laki-laki dan perempuan dalam satu shaf atau makmum laki-laki berada persis di belakang jamaah perempuna?

Menurut mayoritas ulama mazhab, sholat jamaah campur baur antara laki-laki dan perempuan adalah sah atau boleh-boleh saja. Sebagaimana yang dikemukakana Wahbah Zuhaili dalam karyanya Fiqih Islam wa Adillatuhu cetakan Damaskus Daurul fiqr atau tepatnya di juz 2, halaman 402.

وَقَالَ الْجُمْهُورُ غَيْرُ الْحَنَفِيَّةِ:إِنْ وَقَفَتِ الْمَرْأَةُ فِي صَفِّ الرِّجَالِ لَمْ تَبْطُلْ صَلَاةُ مَنْ يَلِيهَا وَلَاصَلَاةُ مَنْ خَلْفَهَا، فَلَا يَمْنَعُ وُجُودُ صَفٍّ تَامٍّ مِنَ النِّسَاءِ اِقْتِدَاءُ مَنْ خَلْفَهُنَّ مِنَ الرِّجَالِ، وَلَا تَبْطُلُ صَلَاةُ مَنْ أَمَامَهَا، وَلَا صَلَاتُهَا، كَمَا لَوْ وَقَفَتْ فِي غَيْرِ صَلَاةٍ،

Mayoritas ulama fiqh kecuali Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa apabila ada perempuan sholat jamaah di samping shaf laki-laki maka shalat orang yang berdampingan dengan perempuan tersebut tidaklah batal, begitu pula shalat orang yang ada di belakang shof perempuan. Oleh karena itu, tidak masalah shof perempuan yang sempurna diikuti oleh makmum laki-laki di belakangnya. Begitu juga apabila hal itu terjadi di luar sholat.

Namun demikian, kendati sholat jamaah campur baur itu sah tetap saja, jamaah model begini tidak baik dilakukan bahkan ada yang menghukumi makruh. Karena kalau kita kembali kepada hadist nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim terkait shof sholat jamaah adalah sebgaimana berikut:   

خَيْرُ صُفُوفِ اَلرِّجَالِ أَوَّلُهَا، وَشَرُّهَا آخِرُهَا، وَخَيْرُ صُفُوفِ اَلنِّسَاءِ آخِرُهَا، وَشَرُّهَا أَوَّلُهَا -رَوَاهُ مُسْلِمٌ

“Paling baiknya shaf sholat jamaah adalah shof pertama, dan paling buruknya shaf adalah yang terakhir. Dan paling baiknya shaf perempuan adalah yang paling akhir, sementara seburuk-buruk shof perempuan adalah yang pertama” (H.R. Muslim)

Itulah aturan shof sholat jamaah yang sebaiknya dipraktekkan oleh kaum muslim di seluruh Nusantara ini.

Baca juga: Berikut Hukum Percampuran Pria dan Wanita dalam Satu Angkutan Umum