Mengenal Lebih Dekat Sosok Prof. Dr. KH Din Syamsudin

oleh -
Mengenal Lebih Dekat Sosok Prof. Dr. KH. Din Syamsudin

SantriNow | Din Syamsudin atau nama lengkapnya, Profesor Doktor Kyai Haji Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA, merupakan tokoh ulama Muhammadiyah mantan kyai Nahdlatul Ulama (NU). Sebelum mengenal lebih dekat tentang siapa sebenarnya tokoh ini, ada cerita menarik dari alm. KH Hasyim Muzadi mantan Ketua PBNU terkait kepindahan sosok Din Syamsudin dari NU ke Muhammadiyah ini, begini:

Konon tokoh yang pernyataannya sempat viral di medsos tempo hari terkait istilah khilafah dalam Alquran itu merupakan kader NU atau Nahdliyin, namun kemudian nyeberang ke ormas sebelah lantaran kurang sabar.

“Mas Din Syamsuddin itu sebetulnya kader NU, akan tapi dia tidak sabaran di Nahdlatul Ulama (NU) sehingga nyeberang ke Muhammadiyah. Sebab kalau di Muhammadiyah, dia bisa mimpin orang-orang yang selevel, setara tingkat pendidikannya. Kalau saya di NU menghadapi jamaah yang banyak levelnya, sejak dari korak sampai qori,” ungkap alm KH. Hasyim Muzadi yang kemudian diiringi gelak tawa jamaah.

Apa yang disampaikan KH. Hasyim Muzadi kala itu memang benar, tokoh Muhammadiyah yang satu ini memang lahir dari keluarga NU. Kakeknya bergelar Lebai Dalam, Penasihat Keagamaan Sultan Sumbawa. Bukan hanya itu, ayahny sendiri pernah menjabat sebagai Sekretaris Pimpinan Cabang (PCNU) Sumbawa.

Pendidikan semasa kecil Din Syamsudin pun SD NY dan SMP NU. Bahkan Ia sempat jadi Ketua IPNU Sumbawa (1970-1972). Karenanya Din sering berseloroh, “Waktu kecil di NU, waktu dewasa di Muhammadiyah, maka insya Allah kalau meninggal masuk surga.”

Baca juga: Sikap Tawadhu’ Mbah Moen Sarang