Contoh Pidato Santri Millennial Tentang Revolusi Industri 4.0

oleh -
Contoh Pidato Santri Millennial Tentang Revolusi Industri 4.0

SantriNow | Teks pidato santri millennial ini menjelaskan tentang kehidupan generasi era revolusi industri 4.0 yang sarat dengan kemudahan disamping banyak pula kemudharotannya.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَات

May the peace, mercy, and blessings of Allah be with you

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang senantiasa memberi nikmat serta karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama dalam majlis taklim ini.

Kedua kalinya shalawat serta salam marilah kita curahkan kepada baginda Nabi kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari alam yang gelap menuju alam yang terang benderang.

Yang kami hormati para alim ulama, para habaib, para masyaikh, kiai, para pini sepuh serta bapak/ibu hadirin. Juga tak lupa kepada teman-teman semua yang sudah hadir dalam acara ini semoga dapat pahala dari Allah subhanahu wataala.

Pada kesempatan yang mulia ini izinkan kami membahas tentang santri millennial dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Ayyuhal ikhwah rahimakumullah

Maaf ya, saya tidak mau menceramahi orang yang sudah tua karena pasti gak paham, hehehe maaf guyon tak usah diambil hati. Saya hanya ingin mengajak kepada segenap generasi santri millennial, wih santri millennial, apa itu? cari sendiri di google banyak!

Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad!

Wahai santri generasi millennial, teknologi dengan cepatnya sudah mengubah pola hidup kita. Bila para pendahulu kita sangat bergantung pada alam, kini banyak hal bisa kita lakukan hanya dengan satu alat saja yaitu android atau yang sejenis.

Hari ini orang yang memiliki teknologi paling cepat akan mengendalikan pihak lain. Maka tidak berlebihan bila banyak negara memberi dukungan pengembangan teknologi sebagai sarana memenangkan persaingan dengan negara lain. Benar apa tidak? yang keras, benar apa tidak?

Sekarang pertanyaannya saudara. Sampai dimanakah kemampuan teknologi negeri kita untuk dapat bersaing dengan negara lain?

والله اعلم ومن يجري في بلدنا

Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad!

Ayyuhal ikhwah wal akhwah rahimakumullah

Wahai saudaraku, apakah kalian sudah pernah mendengar revolusi industri 4.0? dengan apa belum? Yang kompak! Dengar apa belum?

Saya mau tanya lagi saudara! Apakah saudara punya android, punya paketan internet, punya facebook, twitter, instagram, whatsapp?

Ya itulah buah dari revolusi industri 4.0.

Dengan teknologi informasi digital, dunia sudah berubah menjadi desa global sehingga apa pun yang terjadi di satu bagian dunia, bisa kita dengan mudah mengetahui kejadian itu yang penting punya paket internet.

Bukan hanya itu saudara-saudara, sekarang tengah berlangsung upaya pengembangan dari teknologi digital saat ini menjadi teknologi kecerdasan buatan (artifisial intelegence). Apa itu? yaitu membuat sistem komputer atau mesin bisa mengerjakan sesuatu tanpa diperintah manusia. Para ahli mengkategorikan hal ini sebagai bagian dari revolusi industri 4.0.

Baca juga: Pidato Tentang Santri Zaman Now