di , ,

Contoh Lagu Nadoman Imriti Paling Populer Hari Ini

Contoh Lagu Nadoman Imriti Paling Populer Hari Ini
Gambar: Fakhiroh Romdhoniyah, Santri Banu Hasyim peraih juara hafalan Imriti tingkat Kabupate Sidoarjo pada tahun 2017

SantriNow | Contoh nada lagu Nadoman Imriti yang dinyanyikan segenap santri putri ini cuplikan dari lagu Broken Angel yang sempat tenar pada tahun 2017.

Lagu ini sengaja dibuat seiring maraknya video kreatif karya santri yang sudah populer di youtube hari ini. Video contoh lagu Nadoman Imriti ini hanya sebagai hiburan semata, walaupun tetap berharap dengan hadirnya lagu Broken Angel lirik Nadoman Imriti ini memberikan warna tersendiri bagi para santri millennial zaman now.

Santri putri yang menyanyikan Nadoman Imriti dalam video berdurasi sekitar 20 menit ini adalah Santri Putri Pondok Pesantren Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo Jawa Timur Indonesia dalam acara ngaji kamisan.

Kebetulan kala itu ada waktu luang sehingga dapat digunakan untuk merekam lagu ini. Kami berbangga dengan para santri di pesantren ini karena sudah berkali-kali ikut lomba hafalan Nadoman Imriti tingkat kabupaten dan hasilnya selalu juara pertama.

Setahun yang lalu para santri di pesantren ini sangat merasa kehilangan karena santri andalan yang selalu juara itu sudah pulang ke pangkuan ilahi rabbi yaitu almarhumah Fakhiroh Romdhoniyah. Semoga dia diberikan tempat yang nyaman di alam sana.

Baca juga: Contoh Wisuda Nadom Alfiyah Lagu TITANIC Milenial Terbaru

Cerita Tentang Nadoman Imriti

Sudah tahu pengarang atau muallif dari 254 bait Nadoman Imriti yang kemudian dibagi dalam 31 bab yakni diwalai bab kalam dan diakhiri bab idhofah? Beliau adalah Yahya bergelar Syarofuddin.

Nama lengkap beliau sebagaimana tertera dalam kitab Tuhfatul Habib (Syarah dari kitab Mandzumati Ghoyatit Tadrib adalah Syarofuddin Yahya bin Nuruddin bin Musa bin Amiroh. Syarofuddin lahir di Mesir dan Wafat pada 989 H.

Tahukah anda kalau kitab yang dikenal di pesantren dengan sebutan Nadoman Imriti itu bukan nama aslinya. Sebab nama awal dari kitab Nadoman Imriti itu adalah “Ad-Durrotu Al-Bahiyyah” yang berisi tentang pelajaran ilmu nahwu dalam bentuk puisi yang kemudian di pesantren dikenal kitab Nadoman Imriti.

Tahukah Anda kemana kata Imriti itu disematkan oleh para santri pesantren? Ternyata kata Imriti adalah nama desa tempat kelahiran Syeikh Syarofuddin di Mesir sana. Ini sama halnya dengan pondok pesantren di Indonesia, dimana rata-rata nama aslinya tidak dikenal melainkan nama kampung atau desanya justru yang populer.

Nadoman Imriti ini biasanya dilagukan oleh para santri di seluruh tanah air Nusantara yang berhaluan Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah. Mayoritas pesantren mewajibkan santri-santrinya hafal Nadoman ini khususnya pesantren salaf. Oh ia sebelum tulisan kami akhiri, jangan lupa untuk mengikuti beberapa media kami di media sosial, di antaranya:

Channel youtube: Santri NowTV

IG: mediasantrinow

Twitter: @MediaSantriNow

Page FB: @MediaSantriNow

BAGAIMANA MENURUT KAMU?