Sebelum Datang Ramadhan, Rajaban Dulu!

oleh -
Sebelum Datang Ramadan, Rajaban Dulu!

Adapa berapa sih, keutamaan Bulan Rajab?

Ada 3 keistimewaan bulan Rajab, sebagaimana dikutip dari islami[dot]co yaitu:

Pertama, bulan Rajab termasuk 4 bulan yang diharamkan, yaitu Dzulkaidah, Dzulhijjah dan Muharam. Haram dalam hal ini dimaknai dengan bulan yang disucikan di mana orang dilarang berperang kecuali jika diserang.

Pada bulan-bulan tersebut disetujui juga untuk membunuh binatang darat Ibnu Abbas mengatakan, “Sesungguhnya melakukan perbuatan dzalim di bulan-bulan haram, maka dosa dan sangsinya jauh lebih besar daripada melakukan perbuatan dzalim di bulan-bulan lainnya.”

Baca juga: 5+1 Amalan di Bulan Ramadhan bagi Santriwati Haid

Kedua, bulan Rajab adalah bulan di mana Ramadhan akan segera tiba. Ramadhan. Selalu ulama selalu berdoa, “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab, Sya’ban dan berkahilah kami di bulan Ramadhan.”

Ketiga adalah episode Isra Mi’raj. Memang dalam hal ini banyak perbedaan pendapat. Ada ulama yang mengatakan bulan Muharam Ada pula yang mengatakan bulan Rabiul Awwal. Isra Mikraj terjadi pada tanggal 27 Rajab. Sebaliknya di tanah air pada tanggal tersebut dengan banyak tradisi dan sebaliknya di berbagai tempat.

Dan yang lebih penting, kaum muslimin disunahkan untuk berpuasa pada bulan ini . Pertanyaan tentang Rajasa. Di melepaskan, Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Aku tidak berhak berpuasa di bulan setelah bulan Ramadhan kecuali di bulan Rajab dan Sya’ban.”

Dalam hadis berbaring Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah SAW berpuasa di bulan Rajab, jadi kami mengatakan dia tidak berbuka dan berbuka. (*)

Penulis: Mumtaz