Sebelum Datang Ramadhan, Rajaban Dulu!

oleh -
Sebelum Datang Ramadan, Rajaban Dulu!

SantriNow | Tanpa terasa, sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah rutin tahunan berupa puasa wajib yakni Puasa Ramadhan. Namun sebelum menjalani rutinitas itu ada baiknya untuk mengingat kembali tentang puasa kita di Bulan Ramadan yang lalu, jangan-jangan ada yang tercecer puasanya. Kalau ada, segera ganti sekarang juga mumpung masih ada waktu.

Sekarang ini masuk Bulan Rajab atau tepatnya tanggal 09 Rajab 1440 Hijriah/ 16 Maret 2019, dimana bulan ini merupakan salah satu bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT.

Sebenarnya bulan yang diistimewakan oleh Allah itu ada empat, yaitu: Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab. Dalam empat macam bulan ini, banyak keistimewaan-keistimewaan yang memang dikhususkan oleh Allah SWT.

Diantara salah satu keistimewaannya adalah berpuasa, tepatnya pada hari ke-7 dari Bulan Rajab. Bila Anda berpuasa di Bulan ini, pahalanya akan dilipat gandakan.

Rasulullah SAW, bersabdah:

“Sesungguhnya zaman berputar seperti hari ini Allah menciptakan langit dan bumi, satu tahun adalah dua belas bulan. Di antara dua belas bulan itu adalah empat bulan mulia, tiga bulan berturut-turut Dzul-Qaidah, Dzul Hijjah dan Muharram, dan bulan Rajab yang berada di antara Jumadil Akhir dan Sya’ban .. “

Baca juga: Keutamaan Puasa Sunnah Tiga Hari dalam Seminggu Termasuk Hari Jumat

Konon Rajab disebut sebagai nama sungai di surga. Airnya lebih putih dari susu dan rasanya manis. Barang siapa puasa sehari di bulan Rajab, maka ia bisa minum di sungai itu.

Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam Mi’raj, saya melihat sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril AS.,“ Wahai Jibril untuk siapakah sungai ini? ”

Jibrilb AS menjawab, “Ya Muhammad sungai ini untuk orang yang membaca shalawat untuk dibawa di bulan Rajab ini.”

Ada pendapat lain mengenai keutamaan bulan Rajab. Abul Fath dari Al Hasan misalnya, bahwa Nabi Muhammad pernah bersabdah, “Rajab itu bulannya Allah, Sya’ban itu bulanku dan Ramadhan itu bulannya umatku.”