Kitab Kuning Itu Apa Sih?

oleh -
Kitab Kuning Itu Apa Sih?

Apa yang dimaksud dengan kitab kuning?

Mungkin pertanyaan semacam ini terkesan lucu bila yang mendengar adalah santri salaf. Karena mereka sudah paham apa yang dimaksud dengan kitab kuning. Tapi disini kami tetap akan menjawab pertanyaan itu sesuai dengan yang sudah beredar di beberapa media dan tulisan.

#Pengertian kitab kuning

Kitab kuning adalah istilah yang digunakan oleh santri atau kiai zaman old hingga zaman now untuk menyebut kitab yang biasa mereka kaji di pesantren. Istilah lain dari kitab kuning adalah kitab gundul. Sebutan ini disematkan kepada kitab kuning karena rata-rata kitab tersebut isinya hanya tulisan arab saja, tanpa harkat dan tanpa makna.

Baca juga: Rumus Membaca Kitab Kuning Termutakhir

#Tanda-tanda kitab kuning

Tanda-tanda kitab kuning di antaranya:

1. kertasnya berwarna kuning terang

2. Isinya tanpa harkat dan makna

3. Tidak berjilid alias setiap lembar satu dengan lainnya tidak terikat, bisa diambil sesuai kebutuhan (fleksibel)

#Bagian-bagian kitab kuning

Secara umum, kitab kuning itu terbagi menjadi tiga (4) bagian:

1. Kitab Matan

Kitab matan adalah kitab kuning asal atau pertama dari suatu disiplin ilmu tertentu. Umumnya, kitab matan ini ukurannya tipis. Contohnya Kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja’.

2. Kitab Syarah

Kitab syarah adalah pengembangan dari kitab matan. Artinya, kitab syarah ini menjelaskan lebih deteil atau lebih rinci, lengkap dengan contoh-contohnya. Namun tidak keluar dari pembahasan yang sudah ditetapkan oleh kitab matan. Contoh, Kitab Fathul Qorib. Kitab ini merupakan syarahk dari kitab Taqrib.

3. Kitab Hasyiyah

Kitab hasyiyah adalah kitab yang merupakan pengembangan dari kitab matan atau juga bisa merupakan pengembangan dari kitab syarah. Biasanya kitab hasyiyah ini isinya menjelaskan kedudukan bacaan sesuai dengan gramatika arab atau kaidah arab. Contoh Kitab Tasywiqul Khollan merupakan kitab hasyiyah dari kitab Matnul Jurmiyah.

4. Kitab Majmuk

Kitab majmuk adalah kitab yang menjadi kumpulan dari beberapa keterangan kitab sesuai dengan disiplin keilmuannya. Contoh kitab Jamiud Durus. Kitab ini merupakan kumpulan penjelasan yang diambil dari ratusan referensi kitab nahwu dan shorrof. Yang kesemuanya itu membahas tentang ilmu gramatika arab.

#Macam-macam kitab kuning ditinjau dari segi disiplin ilmu

Pertama: kitab Tafsir Quran; kedua: Kitab Hadist; ketiga: Kitab Tauhid; keempat: Kitab Fiqih; kelima: Kitab Ushul Fiqh; keenam: Kitab Tajwid; ketujuh: Kitab Sejarah Kebudayaan Islam; kedelapan: Kitab Tasawuf; kesembilan: Kitab Akhlak; kesepuluh: Kitab Filsafat dll. Wallahu A’lam (*)

Penulis: Musrif

Editor: Muweil