Kiai, Santri dan Sebatang Rokok

oleh -
Kiai, Santri dan Sebatang Rokok

Cerita lucu, kiai dan santri dengan sebatang rokok!

SantriNow | Ada kebiasaan yang sudah lumrah dilakukan para santri di pesantren tradisional. Yaitu, jika ada seorang santri merokok, ia akan didatangi oleh santri-santri lain untuk meminta bagian menyedot rokok tersebut. Untuk meminta jatah tersebut, mereka cukup bilang, “Sak sedotan kang” (minta sekali isap ya kang).

Pada suatu malam, di salah satu pesantren di Jawa Timur, ada seorang yang sedang duduk-duduk di dekat lokasi bangunan baru sambil merokok sendirian. Sosok itu kelihatannya seorang santri. Karena gelapnya malam wajah si perokok tidak kelihatan, hanya bara apinya yang tampak.

Tetiba, ada seorang santri muda yang mendekat kepada si perokok itu dan seperti tradisi yang sudah lazim, ia langsung meminta jatah rokok, sambil berkata, “Sak sedotan kang”.

Baca juga: Video Kocak: Pertarungan Sengit ليس vs كان ala Guyonan Santri Millenial

Tanpa komentar apa-apa, si perokok langsung memberikannya kepada si santri tersebut. Dengan tenangnya santri itu menerima dan mengisap rokok itu dalam-dalam. Ketika bara api rokok itu menerangi pemilik rokok itu, santri kaget dan gugup bukan kepalang. Ternyata yang memberinya sak sedotan itu tak lain adalah kiainya sendiri. Saking gugupnya, santri itu lari dengan membawa rokok pak kiai. Pak kiai pun mengejar sambil teriak, “Hei rokokku-rokokku…. Keudanya pun kejar-kejaran di tengah malam demi kenikmatan sebatang rokok. Hehehe

Penulis: Ucup

Sumber: Buku “Majlis Ustadz Jenaka”