Cara Mudah Bikin Nama Islami untuk Bayi Anda

oleh -
Cara Mudah Bikin Nama Islami untuk Bayi Anda

SantriNow | Nama Islami artinya nama yang sesuai dengan tuntunan islam yang dicontohkan oleh Rasulullah shallahu alaihi wasallam. Hal ini penting untuk diperhatikan karena nama pada setiap orang, percaya atau tidak pasti ada pengaruhnya kepada penggunanya.

Islam mengajarkan agar umat muslim memiliki nama yang mempunyai arti baik, yang dapat memberi motivasi kepada sang pemilik nama. Jangan sampai hanya gara-gara nama kemudian anak Anda menjadi tidak percaya diri dan sebagainya.

Karenanya jangan sembarangan memberi nama kepada bayi Anda yang baru lahir. Berilah nama yang baik, indah, gampang diingat dan mudah diucapkan. Dengan harapan anak yang sudah memiliki nama yang islami kelak ketika dewasa menjadi muslim yang bermanfaat hidupnya.

Dalam memberi nama kepada anak, islam melalui Alquran dan Hadist telah memberikan pandangan dan arahan.

Memang Alquran tidak secara eksplisit menyuruh umatnya agar mempunyai nama begini atau begitu. Akan tetapi dalam Alquran sudah banyak contoh nama yang dapat kita gunakan sebagai nama anak Anda.

Ada beberapa cara yang dapat dipakai supaya nama anak-anak Anda memiliki arti yang baik sesuai deng tuntunan islam.

Baca juga: Arti Nama Narendra dalam Islam

Berikut cara bikin nama supaya artinya baik secara islam

Khusus bayi laki-laki

  1. Berilah nama salah satu asmaul khusna yang 99 itu. Tapi dengan cara membubuhi awalan “Abdul”. Misalnya Adullah, Abdurrahman, Abdurrahim, Abdul Malik dan seterusnya.
  2. Atau pakai awalan “Muhammad” atau “Ahmad”. Muhammad Lathiful Asyir, Muhammad Zainul Arifin, Muhammad Imam al Bushiri, Ahmad Karomi, Ahmad Zaini, Ahmad Alimuddin.
  3. Atau dengan cara kola borasi ketiganya. Contoh: Muhammad Abdul Jabbar, Muhammad Abdul Lathif, Ahmad Abdul Hamid, Ahmad Abdul Majid.