Santri Pesantren Tak Akan Terbelakang Gegara Tidak Pegang Gadget

oleh -
Santri Pesantren Tak Akan Terbelakang Gegara Tidak Pegang Gadget

SantriNow | Santri pesantren secara umum dimana pun mondok tidak diperbolehkan pegang handphone apalagi gadget. Mereka hanya dapat kesempatan pegang gadget biasanya ketika dibesuk oleh keluarganya, itu pun mereka tetap dibatasi.

Pertanyaanya adalah, apakah kemudian mereka akan terbelakang kehidupannya gegara tidak terbiasa pegang gadget? Mari simak wejangan KH Hasan Abdullah Sahal. Katanya:

“Kalo mau punya anak bermental kuat, orang tua-nya harus lebih kuat, punya anak itu jangan hanya sekedar sholeh tapi juga bermanfaat untuk umat, orang tua harus berjuang lebih ikhlas ikhlas ikhlas.

Anak-anak mu di pondok pesantren gak akan mati karena kelaparan, gak akan bodoh karena gak ikut les ini dan itu, gak akan terbelakang karena gak pegang GADGET. Insya Allah Anakmu akan dijaga langsung oleh Allah karena sebagaimana janji Allah yang akan menjaga Alqur’An yakin harus yakin.

Lebih baik kamu menangis karena berpisah sementara dengan anakmu, karena menuntut ilmu agama dari pada kamu nanti ketika sudah tua nangis karena anak-anak mu lalai urusan akhirat. Kebanyakan mikir harta, rebutan harta, pamer rupa, lali surga.”

Gambar: KH Hasan Abdullah Sahal