Cahaya Islam Nusantara Datang dari Pesantren Salafiyah Sukorejo Situbondo

oleh -
Cahaya Islam Nusantara Datang dari Pesantren Salafiyah Sukorejo Situbondo

MALANG, SantriNow | Seminar Nasional tentang Islam Nusantara digelar di Universitas Brawijaya (UB) Malang pada hari ini, Kamis (28/02/19). Pembicara utamanya datang dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah KHR Ahmad Azaim Ibrahimy Sukorejo Situbondo, Jawa Timur.

Selain Gus Azaim (sapaan akrab KHR Azaim Ibrahimy) dijadwalkan hadir juga 4 narasumber lain yang akan mendampingi beliau, antara lain; Prof Dr. KH. Muzammil Qomar, M.Ag (Guru Besar Filsafat Agama IAIN Tulungagung), Ahmad Tohe, MA, Ph.D (Direktur Da’i Intelektual Nusantara Network dan dosen Universitas Negeri Malang) Prof, Dr. KH. M. Noor Harisuddin, M.Fil.I (Guru Besar Filsafat Hukum Islam IAIN Jember dan Ketua Asosiasi Peneliti dan Penulis Islam Nusantara) dan Dr. rer. pol. M. Faishal Aminuddin, MA (Doktor Sejarah dan Politik Universitas Heidelberg Jerman dan Dosen Pascasarjana FISIP Universitas Brawijaya).

Baca juga: Penjelasan Habib Luthfi Tentang Islam Nusantara

Mengenai topik yang akan dibahas oleh Kiai muda yang juga penulis itu adalah “Wawasan Islam Nusantara: Kultur Muslim Moderat Indonesia”.

Seminar Nasional Islam Nusantara yang dijadwalkan digelar mulai jam 08.00 Wib di Aula Seminar lantai tiga Universitas Brawijaya Malang tersebut diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Alumni Salafiyah Syafiiyah Malang Raya (IKMASS), Lakspesdam NU Kota Malang dan beberapa organisasi lainnya.

Baca juga: Pribumisasi Islam (Syarah Islam Nusantara)

Sebelumnya, UB juga pernah menggelar Seminar Nasional yaitu tentang Keris Nusantara dengan Tema “Literasi Keris Nusantara di Era Millenial: Pertautan Antara Sains, Teknologi, Agama, Budaya, Sejarah, dan Seni“. Acara ini dihadiri pemateri antara lain: Ustadz Salim A. Fillah, Pendakwah Millenial serta Pengasuh Majelis Jejak Nabi, DI Yogyakarta.

Ir. D.J. Djoko H. Santjojo., M.Phil., Ph.D, Peneliti Nanomaterial dan Sistem Kompleks Research Center for Advanced System and Material Technology (RC ASMAT) serta Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Gus Nas atau HM. Nasruddin Anshoriy Ch, International Cultural Observer serta Sastrawan Nusantara Pendiri Desa Kebangsaan Ilmu Giri, DI Yogyakarta. Unggul Sudrajat, SS, Peneliti Balitbang KEMENDIKBUD RI serta Pendiri Galeri Omah Nara, Jakarta. (*)

Penulis: Murtadha