9 Kiat Berdoa Supaya Aman dan Lancar

oleh -506 views
kiat berdoa agar aman dan lancar

SantriNow | Kiat berdoa supaya supaya aman dan lancar tanpa beban apa-apa sebaiknya lakukan cara berikut ini:

Pertama: Hindari berdoa dengan mata melirik kanan kiri, supaya pikiran Anda fokus pada satu titik saja.

Kedua: Berdoalah dengan tenang jangan merasa tertekan, sebab bila Anda dalam kondisi tidak stabil secara mental khawatir lafal doa yang dibaca keliru.

Ketiga: Hindari membaca doa dengan suara lantang karena bila Anda salah lafaz tidak diketahui orang kecuali hanya Anda dan Allah saja.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Santri Mencari Jodoh yang Wajib Diketahui

Keempat: Hindari membaca doa secara khusus apalagi sebut nama guna mengantisipasi salah sebut nama orang yang dimaksud.

Kelima: Hindari doa terlalu panjang sebab orang yang mengaminkan lama-lama bosan juga.

Keenam: Jangan memaksakan berdoa dengan menggunakan bahasa arab, berdoalah sesuai dengan kemampuan Anda. Allah maha tahu bahasa Anda.

Ketujuh: Hindari mendoakan orang lain dengan doa yang jelek karena Allah tidak suka dengan kejelekan. Bacalah doa yang baik-baik bahkan kepada musuh Anda sekalipun.

Kedelapan: Berdoalah dengan jiwa seimbang antara khusyuk dan sadar. Jangan terlalu khusyuk dan jangan terlalu meringankan. Jadi berdoalah dengan penuh harap namun tetap sadar akan keadaan sekitar.

Kesembilan: Ingat, supaya doa Anda maqbul (diterima oleh Allah) awali doa Anda dengan tsana’ (pujian kepada Allah) seperti lafal بسم الله الرحمن الرحيم حمدا يوافي مزيدة, kemudian membaca shalawat kepada Nabi seperti اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم . Jangan lupa, akhiri juga doa Anda dengan bersholawat kepada Nabi dan tutup dengan tsana’

Sekian tentang kiat berdoa supaya aman dan lancar. Semoga pembaca santrinow hafal dengan doa-doa ala pesantren yang keren dan insya Allah diterima oleh Allah. Amin (*)

Penulis: Ustadz Sholeh

Editor: Muweil