Dr M Busyro Muqaddas: Pondok Pesantren Pusat Regenerasi Terbesar Politik Kebangsaan

oleh -279 views
Pesantren Bata-Bata Ngaji Politik

PAMEKASAN, SantriNow | Pondok pesantren menurut Dr M Busyro Muqaddas merupakan salah satu tempat terbesar regenerasi politik kebangsaan Indonesia saat ini. Sehingga terkait perubahan bangsa Indonesia khususnya dalam bidang politik, harus segera ditangani dengan cara regenerasi.

“Salah satu pusat regenerasi terbesar adalah pondok pesantren, khususnya para santri,” ungkapnya.

Mengapa harus regenerasi harus dimulai dari pondok pesantren, sebab ia menilai santri memiliki basic keagamaan yang kuat. Sehingga harapannya nanti santri bisa membawa perubahan terhadap paradigma politik di Indonesia. “Semoga kita semua sukses bertauhid, beramal salih dan khusnul khotimah,” katanya.

Menurut Dr M Busyro Muqoddas, regenenerasi adalah salah satu yang bisa kita lakukan guna mengendalikan politik kebangsaan kita yang mulai tidak jelas.

“Perubahan politik di Indonesia sangat diperlukan, dan hal itu harus mulai dari kita seperti yang tertuang dalam firman Allah dalam al-Qur’an; Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali mereka merubah diri mereka sendiri,” kata Dr M Busyro Muqaddas.

Baca juga: Santriwati Pesantren Bata-Bata Pamekasan Adakan Ngaji Womeninterpreneur

Hal itu disampaikan pada saat memberikan meteri dalam acara Ngaji Politik yang diselenggarakan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Panaan, Palengaan, Pamekasan, Senin (14/1/19).

Dalam acara yang mengangakat tema ‘Islam dan Kebangsaan; Transformasi Gagasan dan Praktik Politik Islam di Indonesia’, Busyro Muqaddas dipanel dengan Mantan Hakim Agung Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, Dr Artidjo Alkostar dan dipandu salah satu alumni Pesantren Bata-Bata, Ismail Napolion. (Now)