Kiat Ampuh Lolos Seleksi Beasiswa LPDP

oleh -278 views
kiat ampun lolos Beasiswa LPDP

SantriNow | Kami akan berbagi kiat ampuh lolos Beasiswa LPDP agar pembaca yang berminat ikut seleksi Beasiswa LPDP berhasil lolos seleksi. Namun bila tidak berhasil jangan salahkan kami, salahkan diri anda sendiri dan terus semangat jangan pesimis. OK!

Ada dua komponen agar calon pendaftar Beasiswa LPDP lolos.

#Komponen Umum

1. Harus tahu informasi tentang kapan, dimana, dan bagaimana cara mendaftar yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Hal ini tidak boleh diremehkan. Jadi semua apa yang menjadi syarat dan ketentuan harus terpenuhi. Sehingga dengan demikian, Anda akan lolos administrasi.

2. Jadilah diri sendiri.

Harus menjadi diri sendiri, tidak boleh mengandalkan orang lain atau minta tolong kepada orang lain. Karena yang dibutuhkan oleh penyelenggara Beasiswa LPDP adalah calon yang benar-benar niat, benar-benar memiliki kemampuan, bukan yang hanya sekedar ingin dapat beasiswa tapi nihil kemampuan.

Disini Anda harus benar-benar berproses, tidak boleh malas-malasan. Sebab tahapannya banyak. Ada tahap seleksi administratif, substansi melalui desk evaluasi, seleksi substansi melalui paparan, dan seleksi substansi melalui visitasi.

3. Percaya diri

Anda harus percaya diri. Meskipun anda secara administrasi dan kemampuan sudah punya, namun tidak percaya diri, tidak bisa juga. Makanya tidak usah malu, anggap saja semua adalah sama-sama berjuang. Dan pasrahlah kepada yang kuasa, Allah subhanahu wataala.

4. Berdoa dan bersedekah kepada Anak yatim

Poin ini sering kali terlupakan, padahal bisa jadi Anda lolos karena perantara yang terakhir ini. Sebab sudah banyak fakta di lapangan, yang pintar tidak lolos, malah yang biasa-biasa saja yang berhasil.

Suatu ketika penulsi pernah ikut kultum dari seorang mubaligh di kampus kami, seusai sholat Jamaah Zuhur. Beliau bercerita tentang anaknya sendiri yang diterima di jurusan kedokteran di salah satu Univrsitas terkemuka di Surabaya.

Cerita sang ayah, pada awal pengumuman, ia tidak percaya kalau anaknya benar-benar diterima di jurusan kedokteran. Karena secara akal sehat, kemampuan buah hatinya kurang meyakinkan.

Ini kunci rahasianya. Beliau membuka kunci kesuksesan anaknya. Ternyata sang ayah selain bermunajat kepada Allah, tak lupa ia juga bersedekah kepada anak yatim yang ada di panti asuhan.

Ilustrasi Peraih Beasiswa LPDP
#Komponen Khusus

1. Kuasai Bahasa Inggiris

Bila anda memang benar-benar ingin lolos Beasiswa LPDP kuncinya adalah kemampuan Bahasa Inggris. Karenanya mumpung masih ada waktu, kalau Anda memang benar-benar ingin lolos, pelajari lagi Bahasa Inggrisnya. Kalau dalam poin ini Anda masih lemah, silahkan pergi ke Pare Kediri. Disana Anda akan benar-benar di gembleng Bahasa Inggris.

2. Test writing atau menulis. Menulisnya bukan memakai Bahasa Indonesia melainkan Bahasa Inggris. Lagi-lagi Bahasa Inggris jadi kuncinya.

3. Mudah beradaptasi

Menurut informasi yang kami kumpulkan, banyak calon beasiswa gugur karena yang bersangkutan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dan kuncinya disini adalah kemampuan berbahasa Inggris.

Baca juga: Rumus Membaca Kitab Kuning Termutakhir

Semoga kiat yang kami tulisan ini dapat memberi pencerahan kepada para calon Beasiswa LPDP tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya. Amin (*)

Penulis: Abd Mun’im

Editor: Muweil