Ini Bedanya Wudhu ala Sandi dengan Wudhu Santri

oleh -480 views
Wudhu ala Sandi

SantriNow | Wudhu ala Sandi, seorang yang menjadi cawapres nomor urut dua di pilpres 2019 mendatang viral diperbincangkan warganet karena terlihat aneh atau tidak biasa. Entah cara wudhu aneh yang dilakukan Politisi Gerindra ini hanya dilakukan waktu itu saja atau memang sudah biasa wudhu saban hari dengan gaya begitu. Wallahu A’lam, hanya Allah yang tahu dan Bang Sandiaga Uno.

Sebagaimana beredar di media facebook, twitter, dan juga youtube. Sandi berwudhu dengan menggunakan satu gayung untuk semua anggota wudhu yakni mulai dari basuh muka hingga kaki. Banyak yang mencibir, mengolok-olok tapi tidak sedikit pula yang menolong dan mumuji.

Alhasil wudhu ala Sandi berhasil menghipnotis netizen. Netizen yang memang sudah pecah menjadi dua suku yakni Suku Kampret dan Suku Cebong (meminjam bahasa Gus Miftah penceramah cafe yang kondang itu)

Wudhu ala santri pesantren

Beda lagi dengan wudhu ala santri pesantren zaman now. Seandainya santri melakukan model wudhu ala Sandi yang viral itu, dijamin tidak akan dapat sorotan tajam sebanyak itu dari warganet, kenapa? Karena warganet tidak memiliki kepentingan apa pun terhadap wudhu aneh itu.

Beda dengan Sandiaga Uno yang sekarang menjadi cawapres dari Capres Prabowo Subianto. Apa pun yang dilakukan baik yang terkesan aneh maupun yang biasa saja akan jadi perhatian publik utamanya lawan politiknya.

Baca juga: Perbedaan Santri Shalih dengan Santri Mushlih

Apa pengaruhnya kepada lawan maupun kawan Sandi untuk pilpres 2019?

Wudhu ala Sandi yang menimbulkan polemik itu memiliki dua mata yang bisa dipisahkan. Yang satu menguntungkan yang lain merugikan, diantaranya:

1. Kalau wudhu ala Sandi itu dianggap benar oleh syariat (memenuhi syarat dan rukunnya wudhu) maka netizen dapat ilmu gratis dari Bang Sandi karena sudah memberikan contoh wudhu model yang tidak biasa.

2. Tapi bila wudhu yang dilakukan Bang Sandi itu tidak benar secara rukun dan syaratnya maka tolong netizen jangan mengikutinya dan jauhi cara-cara aneh seperti itu. Dan jelas Bang Sandi wudhu dengan begitu hukumnya tidak sah.

3. Bang Sandi bisa dibilang berhasil menghipnotis masyarakat dengan caranya berwudhu. Ternyata masyarakat mudah sekali dibingungkan dengan cara dia berwudhu.

4. Dengan gaya wudhu Bang Sandi, kemudian banyak netizen dari berbagai pengguna facebook aktif hingga tokoh, kyai yang mulanya tidak muncul di medsos, tahu-tahu nongol dan praktek wudhu menggunakan satu gayung air.

5. Santri bisa belajar dari Bang Sandi bila ingin berwudhu gaya beliau. Tapi sebelum belajar, tanya dulu ke ahlinya, apakah wudhu ala Sandi itu sah secara syar’i.

Baca juga: Kejadian Nyata, Gus Mut Cerita Tentang Santri Nakal

Terakhir, jadi wudhunya seorang politisi yang lagi mengadu nasib itu lebih penting dari wudhunya santri yang sudah bertahun-tahun belajar agama di pesantren bagi warga negara facebook dan twitter. (Now)