Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, Cetak Generasi Berkarakter

oleh
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Cetak Generasi Lulusan Berkarakter

SantriNow | Pesantren mahasiswa ini menjadi tempat perpaduan antara pengembangan keilmuan dan keislaman. Diharapkan para alumni menjadi kader umat dan aset bangsa.

Berawal dari cita-cita untuk menyumbangkan sesuatu khususnya dalam hal peningkatan sumberdaya manusia, KH Hasyim Muzadi (alm) bersama beberapa rekan di antaranya KH Tolhah Hasan, Slamet Efendi Yusuf, Muhammad Ja’far (almarhum) dan H Ubaidillah Fadhil beritikad untuk mendirikan pesantren khusus untuk para mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi di Kota Malang, Jawa Timur.

Dipilihnya santri mahasiswa sebagai peserta didik di pesantren ini berdasarkan pemikiran bahwa kelompok inilah (mahasiswa dan sarjana) yang kelak akan banyak memegang peranan penting di masyarakat. Sementara di perguruan tinggi masing-masing tempat para mahasiswa menuntut ilmu porsi pembinaan spiritual dan karakter mental masih sangat kurang.

Karenannya harus tersedia tempat untuk membina moral, membangun karakter dan memperkuat basis keilmuan, sehingga kelak akan mampu berperan secara maksimal di dunia kerja dan masyarakat yang tetap disemangati dengan nilai keislaman, kebudayaan dan keindonesiaan.

Akhirnya pada 3 Juli 1989 berdiri Yayasan Al Hikam Malang dengan akte notaris NO 47/ 1989. Kemudian Pesantren Mahasiswa Al Hikam sendiri secara resmi berdiri pada 17 Ramadlan 1413 H/ 21 Maret 1992.