Spesial Maulid Nabi, Ceramah Gus Muwafiq di Istana Bikin Jokowi Kagum

oleh -1.161 views
Spesial Maulid Nabi, Ceramah Gus Muwafiq di Istana Bikin Jokowi Kagum

BOGOR, SantriNow | Spesial Maulid Nabi. Ceramah KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) di Istana Bogor, Jawa Barat dalam rangka peringtan Maulid Nabi bikin Jokowi termanggut-manggut kagum. Gus Muwafiq merupakan selah seorang ulama asal Jogjakarta yang sudah malang melintang dalam dunia dakwah di seluruh Nusantara.

Sebagaimana sudah menyebar di youtube dan media sosoial lainnya, Gus Muwafiq setelah dihaturi ceramah, beliau membukanya dengan muqoddimah yang kalem dan lentru.

Dalam kesempatan agung itu, KH. Ahmad Muwafiq atau yang akrab disapa Gus Muwafiq mengangkat tema besar yakni “Mengapa Nabi Muhammad SAW lahir di Makkah?”.

Menurut penjabaran Gus Muwafiq yang lugas itu “Nabi lahir di Mekah karena untuk mengembalikan simbol kenabian yang sudah mulai hilang.

Ceramahnya yang lentur dan tatabahasanya yang bagus itu, Gus Muwafiq memulai ceramahnya dengan sedikit mengulas perbedaan jangkauan dakwah Nabi Muhammad dengan para Nabi pendahulunya.

Baca juga: Pencinta Nabi, Santri Jokowi Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Katanya, Nabi Adam menjadi nabi hanya mengurusi satu keluarga. Nabi Nuh mengurusi satu kaum saja. Nabi Ibrahim ngurusi satu bangsa. Nabi Musa diutus sebagai nabinya Allah, ngurusi satu negara. Sementara Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir jangkauan seluruh dunia.

Tidak luput dari pembahasan Gus Muwafiq dalam ceramahnya itu mengenai “Alfatekah” yang akhir-akhir ini sempat ramai diperdebatkan. Bahkan Gus Muwafiq bilang kata “Alfatikah” berulang-ulang. Dalam pembahasannya, Gus Muwafiq merespon “Alfatekah” sebagai sesuatu yang lumrah sebagai logat jawa.

Respon sang presiden dan para mentri kabinet kerja yang hadir hanya satu, yaitu ketawa bersama-sama. “Ha ha ha” kata Jokowi.

Untuk lebih jelasnya, tonton saja videonya berikut ini:

(Now)