Pengertian Santri di Tahun Politik

oleh -

SantriNow | Pengertian santri itu cukup beragam, salah satunya adalah sebagai berikut:

Santri adalah seseorang yang belajar ngaji quran dan kitab serta tingkah laku di pesantren dalam kurun waktu yang tidak ditentukan.

Sebagian lagi ada yang mendefinisikan santri adalah seseorang yang berperilaku baik di dalam kehidupan bermasyarakat walaupun ia tidak pernah belajar ilmu agama di pesantren.

Di tahun politik seperti sekarang semua kandidat pada ngaku sebagai santri. Sandiaga Uno yang merupakan Wapres dari Prabowo pernah dianggap sebagai santri post islamisme oleh presiden PKS. Sekarang giliran Jokowi yang dibilang santri oleh Kyai di Situbondo.

Sepertinya semua orang sudah pada ingin jadi santri walau hanya pada saat tertentu sebagaimana tahun sekarang. Apa yang menyebabkan mereka diakui santri atau ngaku santri, tidak lain dan tidak bukan karena mereka kandidat pemerintah yang sedang mencari dukungan.

Sebenarnya kalau mengaca kepada definisi santri secara untuh belum tentu dari mereka itu termasuk kategori santri. Karena definisi santri itu adalah seseorang yang pernah belajar di pesantren dan ketika pulang mau mengamalkan ilmu yang diberikan kyai atau gurunya.

Baca juga: Santri adalah Kita, Kita adalah Santri

Makanya tidak salah bila seorang ulama besar asal Situbondo membagi santri jadi tiga golongan:

Pertama, santri sungguhan. Santri sesungguhnya yaitu seseorang yang pernah belajar di pesantren kemudian pulang ke kampung halamannya dengan mengamalkan ilmunya.

Kedua, bau santri. Bau santri adalah seseorang yang tidak pernah belajar di pesantren tapi perilakunya sama dengan seorang santri serta bergaul dengan para kyai.

Ketiga, santri bau. Santri bau adalah seseorang yang pernah belajar di pesantren. Namun setelah ia pulang ke kampung halamannya, ilmu yang didapat dari pesantren tidak diamalkan. Bahkan ia terpengaruh oleh budaya atau aliran yang tidak benar di kampungnya.

Maka dari sini mereka berdua yang diakui sebagai santri oleh seorang tokoh, bisa pilih termasuk santri yang mana. Apa yang pertama, kedua atau bahkan ketiga. (Now)