Sikap Menag Lukman Hakim Terkait LGBT

oleh

JAKARTA, SantriNow | Sikap Menag Lukman Hakim soal LGBT. Melalui video pendek yang disebarkan melalui akun twitternya ia mengklarivikasi gambar yang beredar terkait LGBT.

Dalam video tersebut Menag menyampaikan bahwa dirinya tidak sedang mendukung tindakan LGBT. Terkait gambar mengesankan yang seakan-akan dirinya mendukung, bahkan lebih jauh yakni melegalkan tindakan LGBT Tersebut. Maka dengan ini, katanya “saya ingin meyampaikan klarifikasi sebagai berikut:

Berikut isi klairifikasi Menag Lukman Hakim:

Petama adalah bahwa tindakan LGBT merupakan prilaku yang menyimpang menurut ajaran agama. Semua agama menolaknya, karenanya, saya pun menolaknya tindakan atau prilaku LGBT.

Kedua, justru karena kita menolak tindakan yang menyimpang itu dan agar tindakan itu tidak semakin meluas di tengah-tengah masyarakat. Maka menurut hemat saya, kewajiban kita sebagai umat beragama, para pemuka agama untuk memberikan pendampingan, bimbingan, pembinaan kepada mereka semua secara empatik. Agar mereka yang melakukan tindakan menyimpang tersebut karena satu dan lain hal tidak lagi melakukannya.

Pendekatan empatik ini diperlukan dan kita harus menghindarkan diri dari prilaku menghina mereka, merendahkan, menista, mengucilkan mereka, bahkan merendahkan dan menghilangkan eksistensi kemanusiaan mereka. 

Baca juga: Pentolan Partai Persatuan Pembangunan Melarang Pesantren Berpolitik Praktis

Kemudian menag menutupnya dengan harapan, katanya “mudah-mudahan dengan klarifikasi ini menjadi jelas kepada semua pihak terkait sikap dan pandangan saya mengenai LGBT”. (As/Twir)