Jaman Edan, Harus Santri yang Terdepan

oleh -
jaman edan, santri wajib belajar seniSeni adalah ciri khas tersendiri

Salah satu kreatifitas yang mesti dikembangbiakkan bagi saat adalah bidang seni yang lambat laun diadopsi dan dimanipulasi oleh sebagian penggerak seni luar pesantren. Seni yang selalu diminati oleh berbagai kalangan harusya lebih mengangkat keberadaan santri, bukan malah kalah dan menjadi bahan yang menjatuhkan eksistensi seorang santri.

Seni merupakan senjata terbaik yang selalu lahir dan menjadi media teratas di kalangan pesantren baik dari fiksi maupun non fiksi. Hal ini merupakan ciri khas tersendiri, tinggal bagaimana kita memanfaatkan waktu serta potensi yang ada. Apalagi sekarang era digital yang sedang hangat dan berkembang.

Tidak dapat diragukan lagi para santri yang bergiat di bidang seni sejak dahulu, mereka mampu untuk memimpin jalannya media yang seringkali menjadi trending terkini. Hal ini membuktikan bahwa metode dengan kajian per kata diaplikasikan kembali untuk bekerja keras dalam mengembangkan.

Maka santri jaman now harus mampu membuktikan bahwa di jaman yang serba mudah ini harusnya lebih mudah untuk mengangkat prestasi yang selama ini terpendam.

Anehnya, yang tidak kita sadari saat ini bahwa setiap sesuatu yang menjadi trending topik, adalah sesuatu yang jauh sebelumnya sudah ada dan berkembang di dunia pesantren. Secara tidak langsung kita dibodohi dengan kecanggihan sarana yang ingin secara halus menenggelamkan identitas karya dari sebagian santri.