Jaman Edan, Harus Santri yang Terdepan

oleh -
santri zaman now wajib kreatifSantri dan kreatifitas

Terlepas dari itu, sisi lain yang tak lagi terekspos dan tercipta pada era ini adalah tingkat kreatifitas santri yang perlu apresiasi tinggi. Banyak sekali hal hal yang diterbitkan oleh komunitas santri yang kemudian diolah dan dikembangkan oleh masyarakat umum. Tapi anehnya, hal ini tak mendapat sorotan sehingga seakan-akan seorang santri hanya menjadi penggagas tanpa identitas.

Harapan tertingginya, generasi santri jaman now mendapatkan perhatian lebih dan terangkat identitas kreatifnya. Selama ini, santri dibungkam oleh batasan-batasan yang mengikat untuk berbuat lebih kepada negeri, baik dari kebiasaan serta gagasan maupun secara kreatifitas.

Karenaya, bagi santri harusnya media social bukan lagi soal gengsi, akan tetapi bagaimana di era yang super digital ini, santri harus lebih peka dan menampakkan diri dengan segudang prestasi.

Kreatifitas santri yang dulunya melambung tinggi, tidak seharusnya dipatahkan dengan bergesernya era dan peradaban. Santri harus tetap menunjukkan eksistensinya yang beragam.