Jaman Edan, Harus Santri yang Terdepan

oleh

Tantangan santri zaman now tentu tidak mudah. Jaman edan seperti sekarang, santri wajib tampil sebagai penyeimbang, kreatif, serta memiliki daya saing tinggi. Meski demikian, santri juga harus siap jadi paku. Fungsi pokok paku adalah bikin kuat sebuah bangunan.

jaman edan, santri wajib terdepanSantri dan keutuhan NKRI

SantriNow | Menjadi santri adalah sebuah kepuasan tersendiri. Mnjadi santri adalah satu mimpi yang harus terwujud bagi orang orang terdahulu. Yang senantiasa mengharap suatu berkah sebagai bekal menghadap ilahi.

Santri merupakan suatu golongan yang teramat mengagungkan sosok kyai. Santri pula merupakan salah satu golongan yang terbiasa ditinggikan derajatnya di kalangan masyarakat dimana ia tinggal.

Indonesia dengan populasi muslim terbanyak di dunia merupakan sebuah bukti konkret bahwa populasi santri juga memadati bumi pertiwi. Dan hal ini yang seringkali diyakini oleh sebagian golongan bahwa santri sebagai salah satu benteng NKRI.

Eksistensi dan aspirasi santri untuk negeri tidak dapat diragukan lagi. Santri dengan segala sikap akan tetap menyikapi persoalan yang menyangkut keberlangsungan dan keutuhan NKRI. Oleh sebab itu, perlu dipertegas kembali bahwa santri merupakan sebuah pilar penting dalam keutuhan Negara.

Baca juga: Munculnya Istilah SANTRI NOW di Indonesia