Berkat Hari Santri Nasional 2018, 78 Santri Bondowoso Dapat SIM Gratis

oleh

Berkat Hari Santri Nasional 2018, 78 santri dapat SIM gratis

BONDOWOSO, SantriNow | Ada 211 santri dari beberapa Pondok Pesantren di Bondowoso mengikuti ujian kelayakan mendapatkan SIM C, di Sat Lantas Polres Bondowoso, Jumat (19/10/2018).

Namun dari 211 santri yang ikut tes hanya 78 peserta yang lulus dan layak mendapatkan SIM C tersebut. Dan Surat Izin Mengemudi itu didapat secara cuma-cuma alias gratis.

“SIM ini memang sengaja kami berikan secara cuma-cuma pada para santri, tapi tetap mengikuti ketentuan yang ada. Artinya, bukan semata-mata gratis,” terang Kapolres Bondowoso AKBP Taufik HZ.

Walaupun SIM diserahkan secara gratis, tapi tetap wajib ikut tes seesuai dengan ketentuan. Sehingga yang layak dapat SIM maka dia berhak dapat secara gratis.

Dan menurut pangakuan salah seorang santri yang ikut tes, dirinya masih belum tahu banyak soal jenis rambu dan aturan lalu-lintas yang berlaku. Sehingga dengan mengikuti tes, ia merasa lebih paham.

“Ternyata masih banyak jenis rambu dan aturan lalu-lintas yang belum saya ketahui. Akhirnya saya jadi lebih paham tentang berkendara,” kata salah seorang santri, Irfan Kamil kepada wartawan di lokasi, Jumat (19/10/2018).

Para santri yang ikut dalam ujian kelayakan untuk dapat SIM C itu tujuannya untuk menyambut Hari Santri Nasional 2018.

Baca juga: Semarak Menyambut Hari Santri 22 Oktober, Kota Jogja Mendadak jadi Kota Santri

SIM gratis untuk santri ini dibuat untuk menyambut Hari Santri Nasional 22 Oktober nanti. Taufik berharap program ini mampu menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di wilayah hukumnya.

“Kami juga memberikan pendidikan keselamatan berlalu-lintas. Ini sebagai salah satu cara mengurangi kecelakaan pelajar atau santri,” tandasnya. (NOW/DTK)