Kini Penyetaraan Ijazah Pondok Pesantren Salafiyah Bisa Digunakan Daftar PTN

oleh
Penyetaraan Ijazah Pondok Pesantren Salafiyah
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin

JAKARTA, SantriNow | Buah dari Penyetaraan Ijazah Pondok Pesantren Salafiyah, kini lulusannya sudah bisa mendaftar masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kalau sebelumnya ijazah pesantren hanya formalitas, sekang sudah bisa dijadikan alat untuk daftar masuk universitas.

Kemenag melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) akan memberikan pengakuan kesetaraan lulusan pendidikan pesantren salafiyah dengan pendidikan formal.

Mekanismenya diatur dalam Keputusan Dirjen Pendis Nomor 4831 Tahun 2018 Tentang Rekognisi Lulusan Pesantren Melalui Ujian Kesetaraan.

Teknis pelaksanaan ujiannya akan dilaksanakan satu kali dalam setahun, bersamaan dengan akhirus-sanah di pesantren.

Para santri pesantren salafiyah yang telah menyelesaikan proses pembelajaran di setiap tingkatan/jenjang pendidikan dan memiliki kasyfu al darajat atau surat keterangan semisalnya dipersilakan untuk mengikuti ujian ini.

“Ujian dilaksanakan secara berjenjang. Mulai dari tingkat ula (dasar), wustha (menengah), dan ulya (atas), dan akan diselenggarakan pada satuan-satuan pendidikan keagamaan yang sudah terakreditasi dan telah ditunjuk oleh Ditjen Pendis,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.