Nasihat Imam Ghazali Part 6

oleh

Nasihat Imam Ghazali Part 6SantriNow | Duhai anak manis!

Ilmu tanpa disertai amal adalah gila, amal tanpa ilmu adalah tidak wujud, (tidak sah menurut syari’ah)

Duhai anak manis!

Jadikanlah himmah (keinginanmu yang luhur) dalam roh hazimah dalam diri dan kematian dalam badan. Karena tempat  istirahatmu adalah kubur. Dan ahli kubur selalu menantimu setiap saat.  Kapan dirimu   sampai padanya? Dan takutlah kamu jika sampai pada alam kubur tanpa membawa bekal.

Sahabat  Abu Bakar Ra berkata : “Jasad manusia itu seperti sangkar burung atau kandang hewan, maka berpikirlah tentang dirimu, termasuk yang manakah dirimu itu ? Jika dirimu termasuk ath-thuyur al’ulwiyyah (burung-burung yang  tinggi)  maka ketika mendengar panggilan Allah :

Wahai nafsu muthma’ innah ! Kembalilah kamu kepada Tuhanmu! Lantas kamu terbang tinggi sampai akhirnya duduk bersimpuh di surga yang luhur. 

Seperti yang diucapkan Rosulullah Saw  “Arsy-nya  Allah yang rohman (pengasih),­ bergetar dengan dahsyat karena kematian sahabat Sa’ad bin Mu’adz”.

Dan hanya kepada Allah tempat berlindung. Jika kamu termasuk golongan hewan seperti dawuhnya Allah: “Mereka seperti binatang bahkan lebih hina”, janganlah kamu merasa aman pindah dari dunia ke jurang kuburan.

Diceritakan bahwa wali Allah Hasan Al Bashri, suatu ketika diberi minuman yang sangat dingin. Ketika memegang gelasnya, beliau langsung pingsan dan gelas itu terjatuh dari genggaman tangannya. Dan ketika siuman beliau ditanya: Apa yang terjadi pada dirimu wahai Abu Sa’id  ?

Beliau menjawab   : Aku teringat keinginan penduduk neraka ketika berkata pada penduduk surga:
Berikanlah kami air atau sesuatu yang telah dirizkikan oleh Allah padamu.

Duhai anak manis!

Jika ilmu tanpa amal sudah cukup bagi dirimu dan kamu tidak membutuhkan amal selain ilmu. Niscaya   panggilan Allah: “Adakah orang-orang yang berdo’a? Adakah orang yang membaca istighfar? 
Adakah orang-orang yang bertaubat?” Adalah  sia-sia tanpa  faidah.

Diceritakan ada  sekelompok sahabat Nabi yang mengungkapkan keadaan Abdullah bin Umar, pada    Rosulullah lalu beliau berkata: Sebaik-baik laki-laki adalah Ibnu Umar,  jika melakukan sholat   malam”. Dan beliau berkata pada  seorang  sahabatnya.

“Hai udin jangan banyak tidur di waktu malam, karena banyak tidur di waktu malam menyebabkan pelakunya fakir di hari kiyamat”

Semoga manfaat. Amin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.